Pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan sholat) hubungannya dengan kepribadian mereka sehari-hari di Pondok Pesantren Terpadu Ar Raaid Bandung

Komarudin, Muhamad Akbar (2020) Pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan sholat) hubungannya dengan kepribadian mereka sehari-hari di Pondok Pesantren Terpadu Ar Raaid Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang menunjukan bahwa santri mengkaji beberapa kitab tentang tentang cara menghadapi masalah kehidupan yaitu dengan sabar dan shalat sebagaimana Allah perintahkan di dalam QS. Al-Baqarah (2):153. Tujuan dari hal tersebut adalah agar para santri dapat menjadikan sabar dan sholat sebagai pondasi dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan shalat), 2) Kepribadian mereka sehari-hari, 3) Hubungan pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan shalat) dengan kepribadian mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kepribadian santri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemahaman. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan shalat) dengan kepribadian mereka sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi. Alat pengumpul data penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan angket. Adapaun analisis data mengggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan shalat) memperoleh nilai rata-rata 85,62 dengan kualifikasi sangat baik karena berada pada interval 80-100, 2) Kepribadian mereka sehari-hari memperoleh nilai rata-rata 4,16 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3.5-4.5 3) Hubungan pemahaman santri terhadap isi kandungan QS. Al-Baqarah (2):153 (sabar dan shalat) dengan kepribadian mereka sehari-hari diperoleh nilai korelasi sebesar 0.47 dengan kualifikasi sedang karena berada pada interval 0.41-0.60. adapun hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung = 2,82 > ttabel = 2,05, dan Y. dari hasil perhitungan menunjukan bahwa thitung = 2,82 > ttabel = 2,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara kedua variabel penelitian ini dan memiliki pengaruh sebesar 12% artinya diperkirakan masih terdapat pengaruh lain sebesar 88% yang mempengaruhi baik atau buruknya terhadap kepribadian mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Sabar; Kepribadian;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Akbar Komarudin
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:28
Last Modified: 05 Nov 2020 02:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32473

Actions (login required)

View Item View Item