Pengaruh beban usaha dan total utang terhadap laba bersih pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi kasus di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. periode 2009-2018

Oktaviani, Linda (2020) Pengaruh beban usaha dan total utang terhadap laba bersih pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi kasus di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi untuk dapat menjalankan kegiatan perusahaannya tidak menyalurkan dana kepada unsur-unsur yang tidak sesuai dengan syari’ah maka perusahaan harus mampu mempertahankan kinerjanya. Dalam penelitian ini, menjadikan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui pengaruh beban usaha secara parsial terhadap laba bersih; (2) untuk mengetahui pengaruh total utang secara parsial terhadap laba bersih; (3) untuk mengetahui pengaruh beban usaha dan total utang secara simultan terhadap laba bersih pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan apabila beban usaha dan total utang naik maka laba bersih akan turun. Dengan asumsi semakin besar beban usaha dan total utang yang diperoleh perusahaan maka semakin kecil pula laba bersih diperolehnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode analisis uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda, uji korelasi, analisis determinasi dan analisis uji t dan uji f. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS V 20 dan Microsoft Excel 2013 sebagai alat bantu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terbukti pengaruh Beban Usaha tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dengan korelasi sangat lemah yaitu 0,052, kd sebesar 0,003, thitung 0,146 < ttabel 2,306. Pengaruh Total Utang terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dengan korelasi sangat lemah yaitu 0,010, kd sebesar -0,101, thitung -0,286 < ttabel 2,306. Sedangkan secara simultan pengaruh Beban Usaha dan Total Utang terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan korelasi sedang sebesar 0,408, kd 0,167, dan perbandingannya fhitung 0,700 < ftabel 4,74.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laba Bersih; Total Utang; Laba Bersih;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Linda Oktaviani Irman
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:47
Last Modified: 13 Aug 2020 01:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32556

Actions (login required)

View Item View Item