Model komunikasi internal melalui aplikasi IT (Information Technology) SISUMAKER : Analisis deskriptif pada humas Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat

Pebrianti, Ika Santika (2020) Model komunikasi internal melalui aplikasi IT (Information Technology) SISUMAKER : Analisis deskriptif pada humas Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi kini semakin canggih dan umum digunakan oleh setiap organisasi atau perusahaan-perusahaan dalam melakukan kegiatan komunikasi baik komunikasi internal maupun eksternal perusahaan. Perkembangan teknologi informasi dimanfaatkan untuk melakukan proses komunikasi agar lebih mudah, efektif dan efisien dengan melalui media yang dibuat khusus berupa sebuah aplikasi. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat merupakan salah satu instansi pemerintahan yang dalam melakukan proses komunikasi internal khususnya dalam surat-menyurat sudah menggunakan sebuah aplikasi yaitu SISUMAKER(Sistem Surat Masuk dan Keluar) yang dibuat khusus oleh bagian IT divisi Humas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi internal secara vertikal melalui aplikasi Sisumakerdan proses komunikasi internal secara horizontal melalui aplikasi Sisumakerdi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep manajemen komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy yang didalamnya terdapat dua jalur komunikasi internal yaitu, komunikasi internal secara vertikal dan komunikasi internal secara horizontal. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam dan observasi partisipasif pasif dengan tiga informan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa model komunikasi internal melalui aplikasi Sisumakerdi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sesuai dengan konsep manajemen komunikasi internal yaitu, 1) proses komunikasi internal secara vertikal melalui aplikasi Sisumakerberjalan secara berjenjang, komunikasi berawal dari intruksi/perintah pimpinan, pembuatan surat mengenai instruksi dari pimpinan oleh divisi yang bersangkutan dan penyebaran surat oleh divisi tata usaha. 2) Proses komunikasi internal secara horizontal melalui aplikasi Sisumakerberjalan secara berjenjang sama seperti komunikasi secara vertikal berawal dari instruksi pimpinan, dan diskusi antara tingkatan jabatan yang sederajat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat melakukan komunikasi internal melalui aplikasi SISUMAKERsecara langsung dalam bentuk tulisan berupa surat maupun laporan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal; Aplikasi sisumaker
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: ika santika pebrianti
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:48
Last Modified: 18 Aug 2020 01:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32591

Actions (login required)

View Item View Item