Pengaruh persepsi siswa tentang penilaian project terhadap pemahaman mereka pada materi shalat sunnah: Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandung

Sunarya, Agus (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang penilaian project terhadap pemahaman mereka pada materi shalat sunnah: Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian merupakan salah satu proses untuk dapat mengetahui hasil yang didapatkan oleh siswa dan siswi setelah proses pembelajaran di kelas. Program penilaian yang dilakukan dalam materi shalat sunnah khususunya dilakukan dengan penilaian project berupa pembuatan project video yang telah ditentukan cara dan waktu pengumpulannya, sehingga dengan serangkaian penilaian project ini diharapkan siswa dapat meningkat dalam hal pemahaman yang telah ia pelajari di kelasnya. Namun dalam pelaksanaannya ada saja diantara mereka yang kurang semangat dalam mengerjakannya, sehingga dapat penilaian tidak seutuhnya disukai oleh siswa dan siswi. Diantara mereka ada yang menanggapi dengan baik atau atau dapat disebut dengan persepsi positif, namun ada pula yang kurang baik atau negative dan juga ada yang biasa saja atau netral. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang penilaian project, (2) untuk mengetahui pemahaman mereka pada materi shalat sunnah, dan (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penilaian project terhadap pemahaman mereka pada materi shalat sunnah. Kerangka dari penelitian ini didasarkan pada persepsi siswa terkait dengan pelaksanaan penilaian yang mereka lakukan dengan mengerjakan penilaian project pada materi shalat sunnah, yang dianggap dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi shalat sunnah. Semakin baik penilaian project yang mereka buat, maka semakin baik pula pemahaman mereka pada materi shalat sunnah dan sebaliknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metodenya adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Sumber data primernya yaitu responden yang merupakan siswa/i SMP Negeri 8 Bandung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, studi kepustakaan, penyebaran angket dan tes materi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah berikut: (1) analisis parsial pervariabel, (2) analisis korelasi dan regresi antara kedua variabel, (3) penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel X tergolong pada kualifikasi tinggi dengan nilai 3,80 dan berdistribusi normal dengan hasil Xhitung (2,54) < Xtabel (7,8147) sedangkan variabel Y termasuk kualifikasi tinggi dengan nilai 3,88 dan berdistribusi tidak normal dengan hasil Xhitung (17,38) > Xtabel (7,8147) . Berdasarkan hasil perhitungan data didapatkan kesimpulan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang penilaian project pengaruhnya terhadap pemahaman mereka pada materi shalat sunnah dengan thitung (1,06) < ttabel (1,686). koefisien korelasi 0,17 dengan kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 3% dan masih terdapat 97% faktor lain yang mempengaruhi pemahaman mereka pada materi shalat sunnah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian; Pemahaman
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sunarya
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:52
Last Modified: 18 Aug 2020 08:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item