Pengaruh rutinitas muroja'ah hafalan Al-Qur'an terhadap sikap Khauf: Studi pada santriwati Takhossus Tahfidz rumah Qur'an Indonesia Panyileukan

Almarjan, Lulu (2020) Pengaruh rutinitas muroja'ah hafalan Al-Qur'an terhadap sikap Khauf: Studi pada santriwati Takhossus Tahfidz rumah Qur'an Indonesia Panyileukan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Khauf kepada Allah merupakan tanda bahwa seorang hamba ingin memiliki ketaatan kepada Allah dan takut jika Allah kecewa. Untuk menjalani hidup sesuai dengan aturan Allah tentunya manusia harus dekat Al-Qur’an. Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an salah satunya adalah dengan menghafalnya. Seorang penghafal Qur’an dianggap sebagai orang yang dekat dengan Allah. Namun, kadang ditemukan pula penghafal Qur’an yang melenceng. Hal ini seringkali disorot, sehingga ada asumsi bahwa hafalan Qur’an tidak selalu berpengaruh baik. Padahal penghafal itu memiliki kulaitas yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan muroja’ah para santri Takhossus Tahfizh, mengetahui rasa khauf yang nampak pada sikap para santri takhossus Tahfizh, serta pengaruh kegiatan muroja’ah yang rutin dilaksanakan terhadap sikap khauf yang nampak pada diri para santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan perhitungan statistik. Tahap awal dalam penelitian ialah dengan dilakukannya observasi secara langsung di Pondok Pesantren Rumah Qur’an Indonesia. Berikutnya wawancara kepada pihak pengasuh dan santri guna untuk menggali informasi terkait profil dan kegiatan keseharian para santri. Sedangkan proses pengambilan data yaitu melalui penyebaran kuesioner (angket) kepada responden. Kemudian data tersebut diolah melalui aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Muroja’ah merupakan salah satu metode untuk tetap memelihara hafalan supaya terjaga. Muroja’ah dilakukan oleh para penghafal sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap kitab Allah yang merupakan petunjuk untuk manusia dalam menjalankan kehidupan yang diridhoi Allah dan menghindari murka Allah. Menurut Imam Ghazali khauf akan muncul tatkala melakukan dosa dan memahami sifat-sifat Allah, dimana dua hal tersebut sudah terkandung di dalam Al-Qur’an. Berdasarkan hasil data yang diperoleh yang kemudian diolah, maka ditemukan bahwa: 1. Prosentase kegiatan muroja’ah di RQI didominasi oleh kategori sedang dan tinggi dengan jumlah prosentase 86,2%. 2. Prosentase sikap khauf para santri RQI didominasi oleh prosentase sedang dan tinggi dengan jumlah prosentase 86,1%. 3. Pengaruh rutinitas muroja’ah hafalan Al-Qur’an terhadap sikap khauf ditinjau dari hasil uji hipotesis dengan nilai t hitung sebesar 6,857 lebih besar dari > 2,052 (t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh Rutinitas Muroja’ah Al-Qur’an terhadap Khauf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muroja’ah; Hafalan; Al-Qur’an; Khauf; Rutinitas;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lulu Almarjan
Date Deposited: 24 Aug 2020 00:58
Last Modified: 24 Aug 2020 00:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item