Perilaku teritorialitas penghuni rumah susun Griya Tipar Akung : Penelitian di Rumah Susun Griya Tipar Cakung Jakarta Timur

Hidayati, Dita (2020) Perilaku teritorialitas penghuni rumah susun Griya Tipar Akung : Penelitian di Rumah Susun Griya Tipar Cakung Jakarta Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap fenomena perilaku teritorialitas penghuni rumah susun di Rumah Susun Griya Tipar Cakung Jakarta Timur. Perilaku teritorialitas ini membawa dampak pada kehidupan di hunian rumah susun, khususnya pada penggunaan ruang milik bersama atau selasar yang digunakan untuk kepentingan pribadi penghuninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan penghuni rumah susun melakukan perilaku teritorialitas pada ruang milik bersama dalam lingkungan rumah susun, dan untuk mengetahui bagaimana penghuni rumah susun menggunakan ruang milik bersama dalam lingkungan rumah susun. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber mengenai tipe-tipe tindakan sosial. Tindakan sosial merupakan tindakan individu sepanjang tindakan tersebut mempunyai makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada orang lain. Tipe-tipe tindakan sosial ini terbagi menjadi empat diantarnya yaitu: tindakan tradisional, tindakan afektif, tindakan rasionalitas instrumental, dan tindakan rasionalitas yang berorientasi nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan yaitu, penguhuni rumah susun, pekerja rumah susun, serta mantan ketua unit pengelola rumah susun. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari referensi bentuk-bentuk buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab penghuni rumah susun mengunakan ruang milik bersama atau selasar dikarenakan yaitu: Pertama, keterbatasan lahan milik pribadi. Kedua, tidak adanya batasan-batasan fisik berupa pagar dan lainnya, sehingga para penghuni kesulitan untuk membedakan antara batasan hunian yang dimiliki dan batasan ruang milik bersama. Ketiga, belum adanya mekanisme Reward dan Punishment. Keempat, belum adanya kesadaran bersama terkait dengan penggunaan ruang publik yang ada di Rumah Susun Griya Tipar Cakung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penghuni Rumah Susun; Selasar; Teritorialitas
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dita Hidayati
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:18
Last Modified: 25 Aug 2020 04:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item