Konseling spiritual terhadap penderita depresi : Studi deskriptif di rehabilitasi mental Graha Nur Ilahie Assani Kecamatan Samarang Cintarakyat Garut

Ani, Endah Safitri (2020) Konseling spiritual terhadap penderita depresi : Studi deskriptif di rehabilitasi mental Graha Nur Ilahie Assani Kecamatan Samarang Cintarakyat Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Survei yang dilakukan oleh Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa (PDSKJ) pada tahun 2007 mengungkapkan sekitar 94% masyarakat Indonesia mengalami depresi dari mulai tahap ringan hingga yang paling berat. Dengan meningkatnya masalah gangguan jiwa yang ada di Indonesia, maka meningkat pula berbagai macam penyembuhan yang digunakan untuk mengobati gangguan depresi. Depresi dapat disembuhkan melalui pemberian obat-obatan anti depresi atau dapat di kombinasi menggunakan pengobatan lain seperti psikospiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyembuhan pasien dengan gangguan depresi di Yayasan Rehabilitasi Mental Nur Ilahie Assani. Selanjutnya untuk mengetahui terapi manakah yang paling berhasil dalam menyembuhkan pasien penderita depresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sumber yang berkaitan dengan penelitian. Dalam hal ini, informan terdiri dari Pasien penderita depresi, Dokter beserta Perawat di Rehabilitasi Mental Graha Nur Illahie Assani. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat dua cara penyembuhan di Yayasan Rehabilitasi Mental Nur Ilahie yakni dengan menggunakan obat-obatan dan kegiatan yang sarat akan nilai spiritual. Para pasien diberi obat-obatan antidepresan dua sampai tiga kali dalam sehari. Selanjutnya pasien senantiasa dibimbing untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah swt melalui ibadah. Terdapat pengajian rutin yang dilaksanakan tiga kali dalam seminggu guna membantu pasien memperdalam agama. Selain itu, terdapat konseling spiritual yang dilakukan oleh dokter guna menyentuh sisi spiritual pasien. Dari beberapa pasien yang diwawancarai mengatakan bahwa kecemasan, kegelisahan yang dirasakannya berkurang dengan ia semakin mendekatkan diri pada Allah swt serta bimbingan spiritual yang diberikan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan yakni pasien dapat sembuh dengan mengkonsumsi obat-obatan antidepresan serta bimbingan spiritual yang membuat pasien meningkatkan ibadahnya. Sangat dianjurkan untuk menggunakan konseling spiritual karena dengan mengingat Allah swt hati menjadi tenang. Dengan tenangnya hati maka pasien terhindar dari penyakit hati yang membuatnya depresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Depresi; Konseling Spiritual; Obat antidepresan; Nur Ilahie Assani
Subjects: Parapsychology and Occultism > Spiritualism
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Endah Safitri Ani
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:13
Last Modified: 26 Aug 2020 07:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32780

Actions (login required)

View Item View Item