Tingkat kepuasan pembaca terhadap situs kaskus.co.id: Penelitian terhadap mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2012

Junaeni, Ramdan (2016) Tingkat kepuasan pembaca terhadap situs kaskus.co.id: Penelitian terhadap mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2012. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mahasiswa jurnalistik angkatan 2014 cukup banyak yang mengakses situs Kaskus.co.id. Para mahasiswa beranggapan bahwa situs tersebut memiliki banyak informasi yang up to date, dan ditambah adanya forum diskusi bersama para kaskusers. Maka, berdasarkan hal tersebut, menarik untuk diteliti tentang tingkat kepuasan yang dirasakan para Mahasiswa Jurnalistik angkatan 2012 setelah mengakses situs Kaskus.co.id. Tujuan peneliti ini adalah; 1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan pembaca mahasiswa jurnalistik angkatan 2012 terhadap situs Kaskus.co.id, dan 2) Untuk mengetahui hubungan pencarian kepuasan dan perolehan kepuasan pembaca terhadap situs Kaskus.co.id. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expectancy Values Theory (Teori Pengharapan Nilai). Teori ini mengasumsikan bahwa individu selalu berorientasi pada kepercayaan dan penilaian (beliefs and evaluations) dalam hidupnya, termasuk ketika memilih media. Artinya, khalayak menyeleksi media mana yang dapat memenuhi kebutuhan (motif-motif) mereka sehingga timbulah kepuasan ketika mereka menggunakan suatu media massa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Berdasarkan hasil penelitian, Tingkat kepuasan pembaca terhadap situs Kaskus.co.id. dapat disimpulkan bahwa dilihat seluruh indikator yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif interaksi sosial, dan motif hiburan. Dari seluruh perhitungan dapat disimpulkan tingkat kepuasan pembaca terhadap situs Kaskus.co.id dalam kategori tinggi. Hal tersebut dikarenakan perolehan kepuasan (Gratification Obtained) nilainya lebih tinggi dari pencarian kepuasan (Gratification Sought) pembaca. Hubungan pencarian kepuasan dan perolehan kepuasan pembaca terhadap situs Kaskus.co.id. berdasarkan hasil analisis data menggunakan koefisien korelasi rank spearmen, dapat disimpulkan bahwa diketahui bahwa N atau jumlah data penelitian adalah sebanyak 60. Kemudian nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000, sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas, maka ada hubungan yang signifikat antara Gratification Sought (GS) dengan Gratification Obtained (GO). Selanjutnya, dari output pada tabel 3.7 diketahui Correlation Coefficient (koefisien korelasi) sebesar 0,949, maka nilai ini menandakan hubungan yang sangat tinggi antara Gratification Sought (GS) dengan Gratification Obtained (GO) dalam menunjang tingkat kepuasan pembaca terhadap situs Kaskus.co.id. Artinya kepuasan akan diperoleh oleh pembaca ketika motif-motif mereka terhadap situs Kaskus.co.id terpenuhi bahkan lebih dari apa yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: situs kaskus.co.id; kepuasan pembaca; motif; website
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet Discussion Group
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:03
Last Modified: 26 Aug 2020 07:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32791

Actions (login required)

View Item View Item