Penggunaan metode pembelajaran portofolio dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa materi Al-Khulafa’u Ar-Rasyidun penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW

Hilmi, Ahmad (2020) Penggunaan metode pembelajaran portofolio dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa materi Al-Khulafa’u Ar-Rasyidun penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 1 Tanjungsari melalui pengamatan serta wawancara dengan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa masih rendah di bawah KKM yaitu 70. Untuk itu penulis mencoba untuk menerapkan Metode Pembelajaran Portofolio yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode pembelajaran portofolio dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penggunaan metode pembelajaran portofolio. 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Portofolio dapat meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Al-Khulafa’u Ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan mengunakan tipe desain penelitian pretest and posttest group dengan sampel berjumlah 18 orang siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Adapun teknik pengumpul data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan tes. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Pembelajaran Portofolio dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa terlaksana dengan baik. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pretest: 66,67 dan posttest: 81,39. Dan kelas kontrol pretest: 66,94 dan posttest: 71,39. Hasil analisis data nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil belajar siswa terdapat peningkatan yang signifikan, tetapi kelas eksperimen jauh lebih tinggi (81,39) dibandingkan dengan kelas kontrol (71,39). 2) Faktor pendukung berasal dari dukungan para peserta didik yang senantiasa semangat dalam belajar, memiliki minat belajar, dan memiliki kesiapan dalam mengikuti pembelajaran portofolio. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya semangat dalam belajar, tidak memiliki minat dalam belajar, dan kurangnya kesiapan dalam mengikuti pembelajaran portofolio. 3) Dengan menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio hasil analisis statistik uji hipotesis didapatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; fortopolio; kognitif; hasil belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Hilmi
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:19
Last Modified: 28 Aug 2020 09:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32863

Actions (login required)

View Item View Item