Bimbingan menulis buku untuk meningkatkan kepercayaan diri anak Yatim : Penelitian di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf, Kampung Sukamaju RT 04 RW 10 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Setyorini, Dwi (2020) Bimbingan menulis buku untuk meningkatkan kepercayaan diri anak Yatim : Penelitian di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf, Kampung Sukamaju RT 04 RW 10 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

diri individu. karena dengan memiliki kepercayaan diri yang baik seseorang akan mampu mengembangkan kemampuan dirinya dengan perasaan positif dan yakin terhadap potensi yang dimilikinya, sedangkan individu dengan kepercayaan diri yang kurang, dia akan cenderung kesulitan dalam mengembangkan potensi dirinya seperti kesulitan dalam mengembangkan hubungan sosialnya dengan orang lain serta ketidakmampuan dalam menghadapi tantangan dalam kehidupannya. Sementara kepercayaan diri tidak dapat dimiliki oleh setiap anak, seperti yang terjadi Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf, yang mana kondisi kepercayaan diri anak yatim pada saat awal berada disana nyaris memiliki kepercayaan diri yang sama yaitu rendah, dikarenakan memiliki latar belakang yang sama, yakni tidak lengkapnya orang tua, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana bimbingan menulis dapat meningkatkan kepercayaan diri anak yatim di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif melalui pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data melui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada pembimbing dan juga anak yatim di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan menulis telah berhasil meningkatkan kepercayaan diri anak yatim yang ditandai dengan munculnya perubahan pada diri anak yang mulai dapat berinteraksi dengan teman-temannya. Anak mampu mengekspresikan dirinya, salah satunya dengan mampu berbicara di hadapan banyak orang, dirinya mampu dan berani mengemukakan apa yang ada dipikirannya. Hal ini tentunya menunjukan bahwa program bimbingan menulis ini memiliki efek yang baik bagi kepercayaan diri anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri; Anak yatim; Menulis
Subjects: Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dwi Setyorini
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:45
Last Modified: 31 Aug 2020 06:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item