Implementasi PMA No. 71 Tahun 2015 tentang Ma'had Aly: studi deskriptif analitik pada Ma'had Aly Al-Hikamus Salafiyah-Cirebon dan Ma'had Aly Mifathul Huda Tasikmalaya

Lesmana, Deni (2020) Implementasi PMA No. 71 Tahun 2015 tentang Ma'had Aly: studi deskriptif analitik pada Ma'had Aly Al-Hikamus Salafiyah-Cirebon dan Ma'had Aly Mifathul Huda Tasikmalaya. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian pendahuluan bahwa implementasi PMA No. 71 Tahun 2015 tentang Ma'had Aly belum mampu dilaksanakan secara optimal, hal ini terlihat dari dua prioritas masalah di kedua Ma'had Aly yang diteliti, yaitu manajemen kelembagaan/organisasi dan kinerja pendidikan yang dinilai masih kurang cukup baik, serta masih rendahnya Pengawasan dan ketegasan dari sisi pemerintah selaku pembuat kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi PMA No. 71 tahun 2015 tentang Ma’had Aly, strategi dan solusi yang perlu dilakukan implementator pada Ma’had Aly Hikamus Salafiyah-Cirebon dan Ma’had Aly Miftahul Huda-Tasikmalaya. Penelitian berdasarkan dari teori kebijakan publik George Edward III yang menyatakan bahwa implementasi kebijakan setidaknya akan terlaksana secara efektif jika memenuhi empat aspek yaitu, komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif yaitu menggambarakan implementasi PMA No. 71 Tahun 2015 tentang Ma'had Aly. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Komunikasi antara pembuat dan penerima kebijakan nampak ada sedikit kontradiktif antara pelaksana kebijakan dilapangan terhadap perintah yang dikeluarkan serta nampak adanya penafsiran perintah yang diterima pelaksana terhambat oleh persepsi selektif dan ketidaktahuan; (2) sumber daya yang dimiliki implementator dari sisi SDM secara kuantitas dan kulitas berkaitan dengan keterampilan, dedikasi, profesionalitas dan kompetensi masih perlu ditingkatkan. Dari sisi anggaran terkait kecukupan belum sepenuhnya terpenuhi karena anggaran yang terbatas. Sedangkan dari penyediaan sarana dan prasarana yang layak, tanah dan peralatan perkantoran dinilai sudah cukup kendati sarana prasarana tersebut digunakan secara bersama dengan pendidikan pesantren yang menaunginya; (3) disposisi atau sikap implementator dari sisi birokrasi sudah nampak ada aturan pengangkatan birokrasi. Dari sisi pemberian insentif, nampak ada pemberian insentif kendati jumlahnya tersebut masih minim; (4) struktur birokrasi nampak SOP belum sepenuhnya tersedia di kedua Ma'had Aly yang diteliti sehingga menimbulkan ragam persepsi dalam pelaksanaan aturan. Sedangkan dari sisi fragmentation, sedikit terjadi pemecahan koordinasi dan pemecahan pertanggungjawaban hal ini disebabkan oleh tumpang tindih tugas yang diberikan karena keterbatasan sumber daya manusia; (5) kinerja Ma'had Aly yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat nampak belum semua sesuai dengan regulasi terutama dalam aspek penelitian. Hal ini menimbulkan sedikit distorsi dikalangan manajemen Ma'had Aly terhadap regulasi yang ada.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: implementasi; PMA; ma'had aly
Subjects: Education, Research
Education > Organization of Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Deni Lesmana
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:33
Last Modified: 01 Sep 2020 08:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item