Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT. Indo Tambangraya Megah Tbk periode 2007-2017

Ramadhan, Raka Kurnia (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT. Indo Tambangraya Megah Tbk periode 2007-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat seberapa besar jumlah Earning Per Share (EPS) yang ada pada perusahaan, karena dalam laporan laba-rugi Earning Per Share bertujuan untuk mengukur seberapa besar tingkat return investasi yang berasal dari setiap lembar saham. Terdapat faktor yang mempengaruhi Earning Per Share (EPS) diantaranya adalah Current Ratio (CR) rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan untuk membiayai hutang-hutang lancarnya pada saat jatuh tempo. Semakin besar Current Ratio (CR) maka akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Faktor lain yang mempengaruhi adalah Debt to Equty Ratio (DER) yang secara umum merupakan salah satu rasio yang mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa Earning Per Share dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya seperti Current Ratio dan Debt to Equity Ratio. Current Ratio merupakan perbandingan antara aktiva lancar dengan hutang lancar. Sedangkan Debt to Equity Ratio adalah suatu rasio hutang yang membandingkan antara total hutang dengan total modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS); 2) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS); 3) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Indo Tambangraya Megah Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis asumsi klasik, analisis deskriptif, dan analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 18 dan Microsoft Exel 2010 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Indo Tambangraya Megah Tbk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil Pengujian Hipotesis menunjukkan nilai thitung dan ttabel yaitu 0,559 ≤ 2,262 dengan nilai signifikansi 0,590 ≥ 0,05, maka dapat dirumuskan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, maka secara parsial variabel Current Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Earning Per Share, 2) Hasil Pengujian Hipotesis menunjukkan nilai thitung (-0,320) ≤ ttabel (2,262) dengan nilai signifikansi 0,756 ≥ 0,05 maka dapat dirumuskan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, maka secara parsial variabel Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Earning Per Share, 3) Pengujian Hipotesis menujukkan hasil Fhitung ≤ Ftabel, 0,144 ≤ 4,74 dengan nilai signifikansi 0,868 ≥ 0,05, maka dapat dirumuskan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, maka secara simultan variabel Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Earning Per Share;
Subjects: Accounting
Accounting > Advanced Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Raka Kurnia Ramadhan
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:59
Last Modified: 02 Sep 2020 07:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33015

Actions (login required)

View Item View Item