Pemahaman siswa terhadap Materi Berani Hidup Jujur hubungannya dengan akhlak siswa di Sekolah: Penelitian terhadap siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Nagreg

Vaudina, Risma (2020) Pemahaman siswa terhadap Materi Berani Hidup Jujur hubungannya dengan akhlak siswa di Sekolah: Penelitian terhadap siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Nagreg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Peneliatian ini bertolak belakang berdasarkan pada studi pendahuluan, bahwa masih terdapat siswa yang memiliki akhlak yang kurang baik sedangkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran PAI khususnya pada materi Berani Hidup Jujur sangat baik dilihat dari prestasi belajar yang mendapat nilai rata-rata 80. Pengambilan fokus terhadap akhlak disebabkan semakin buruknya akhlak yang dimiliki siswa karena pengaruh jaman dan teknologi yang semakin maju, sehingga perlunya pemahaman siswa yang baik terhadap Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas pemahaman siswa kelas XI terhadap materi Berani Hidup Jujur di SMA Negeri 1 Nagreg. (2) Realitas akhlak siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Nagreg. (3) Hubungan antara pemahaman siswa kelas XI terhadap materi Berani Hidup Jujur dengan akhlak mereka di SMA Negeri 1 Nagreg. Penelitian ini berawal dari pemikiran mengenai akhlak siswa hubungannya dengan pemahaman siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Terdapat hubungan yang antara pemahaman siswa kelas XI terhadap materi berani hidup jujur (variabel X) dengan akhlak mereka (variabel Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional yang bersifat deskrptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan melalui observasi, test, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak ada hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi Berani Hidup Jujur dari hasil perhitungan statistik termasuk kategori sangat baik, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 83,01 yang berada pada interval 80-100. (2) Realitas akhlak siswa di sekolah, dilihat dari hasil perhitungan statistik menunjukan hasil baik berdasarkan nilai rata-rata sebesar 4,15 berada pada interval (3,40 – 4,19). (3) Hubungan antara keduanya adalah: (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori rendah, berdasarkan skor sebesar 0,28 angka tersebut berada pada interval 0,20-0,399. Selanjutnya (b) hipotesisnya diterima, berdasarkan t hitung 1,8 ≥ t tabel 0,325 dalam keadaan demikian maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara pemahaman siswa terhadap materi Berani Hidup Jujur dengan akhlak siswa di sekolah dan (c) derajat pengaruhnya termasuk kategori rendah berdasarkan hasil perhitungan (presentase) yaitu 8%, dapat diinterpretasikan bahwa pengaruh pemahaman siswa terhadap materi Berani Hidup Jujur terhadap akhlak siswa di sekolah sebesar 8% dan sisanya 92% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian antara pemahaman siswa terhadap materi Berani Hidup Jujur dengan akhlak siswa di sekolah memiliki hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa; Akhlak Siswa; Jujur
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risma Vaudina
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:19
Last Modified: 07 Sep 2020 01:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33098

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item