Pembunuhan yang dilakukan anak di bawah umur perspektif Hukum Pidana Islam: Analisis putusan hakim No.176/PID.SUS/2012/PN.PRM

Syafri, Hafizah (2020) Pembunuhan yang dilakukan anak di bawah umur perspektif Hukum Pidana Islam: Analisis putusan hakim No.176/PID.SUS/2012/PN.PRM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana kejahatan yang dilakukan anak di bawah umur semakin hari semakin banyak. Dimana kejahatan-kejahatan atau tindak pidana kekerasan tidak hanya dilakuakan oleh orang dewasa tetapi juga dilakukan oleh anak-anak dibawah umur, sehingga membutuhkan penanganan yang cukup serius khususnya dalam penanganan hukumannya. Seperti dalam Putusan Hakim No. 176/PID. SUS/2012/PN. PRM. Pembunuhan yang dilakukan anak di bawah umur. Dalam kasus tersebut Terdakwa dijatukan dengan pidana penjara selama 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp.5.000.000,- Pasal 80 ayat (3) UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan hukum pidana islam dan hukuman positif terhadap pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur perspektif hukum pidana islam (Analisis putusan Hakim no. 176/PID. SUS/2012/PN. PRM). Dan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana dalam perkara pembunuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur perspektif hukum pidana islam (Analisis putusan Hakim No. 176/PID. SUS/2012/PN. PRM). Tindak pidana pembunuhan yang dilakukan anak dibawah umur dengan cara penganiayaan terhadap anak yang mengakibatkan mati diatur dalam pasal 80 ayat (3) UU No. 23 tahun 2002 dan dalam hukum pidana islam pembunuhan tersebut termasuk ke dalam Diyat mughalladah. Pembunuhan yang dilakukan anak dibawah umur merupakan tindak pidana melanggar hukum yang sebagaimana seharusnya ada dari sumber data yaitu faktor terjadinya pembunuhan, sanksi pembunuhan berupa pemidanaan dan Jarimah Qishash/diyat dalam hukum pidana islam. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian yang bersifat pembahasan terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak atau menganalisis semua bentuk dokumentasi. Yang menjadi sumber data primernya Putusan Pengadilan Negeri Pariaman No. 176/PID.SUS/2012/PN. PRM dan data sekunder melalui buku dan dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam pertimbangan Putusan Hakim No. 176/PID.SUS/2012/PN. PRM Terdakwa dijatuhkan sesuai pasal 80 ayat (3) UU No. 23 tahun 2002, hakim memutuskan pidana penjara selama 6 (enam) bulan, karena mempunyai alasan yang memberatkan dan meringankan terdakwa, bila dilihat dari perbuatan Terdakwa, Terdakwa tidak mempunyai niat untuk menghilangkan nyawa korban. Dalam hukum pidana islam sanksi yang dijatuhkan terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan anak dibawah umur termasuk ke dalam hukuman diyat yang hukumannya diganti dengan hukuman denda/kifarat, atau bisa juga diganti dengan kegiatan pendidikan yang dianjurkan dalam syariat islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembunuhan; Diyat; Qishash
Subjects: Criminal Law
Criminal Law > Criminal Courts
Criminal Law > Crimes
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Hafizah Syafri
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:42
Last Modified: 10 Sep 2020 07:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item View Item