Analisis legal indentity terhadap perkawinan kedua setelah perceraian di Pengadilan Agama: Studi di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang

Nahwan, Ibnu Muti (2020) Analisis legal indentity terhadap perkawinan kedua setelah perceraian di Pengadilan Agama: Studi di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Perceraian merupakan salah satu alasan putusnya perkawinan. Perceraian berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan agama. Setiap pasangan suami dan isteri yang telah resmi bercerai dapat menikah lagi dengan pasangannya masing-masing apabila telah menerima akta cerai dari pengadilan agama. Namun pada praktek perceraian yang terjadi di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, banyak masyarakarat tidak melaksanakan perceraian di pengadilan agama, akan tetapi menikah lagi secara resmi dan tercatat untuk yang kedua kalinya di Kantor Urusan Agama. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses perceraian di luar Pengadilan Agama dan legal identitas perkawinan kedua di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. (2) Untuk mengetahui dampak hukum terhadap hak anak dari perkawinan kedua setelah perceraian yang dilakukan di luar Pengadilan Agama. Penelitian ini didasarkan pada aturan yang tercantum dalam Pasal 39 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan serta pasal 115 Kompilasi Hukum Islam yang menyatakan bahwa perceraian hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan setelah pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode penelitian deskriptif ini digunakan untuk menjelaskan proses perceraian di luar pengadilan agama yang terjadi di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, serta dampak hukumnya terhadap hak anak dan perkawinan yang kedua. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa proses perkawinan maupun perceraian yang terjadi di Desa Cigadog Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang kebanyakan melalui perantara lebe. Terjadinya perceraian di luar pengadilan agama disebabkan karena beberapa faktor diantaranya pemahaman masyarakat yang begitu kental dengan kepercayaan yang dianutnya, faktor ekonomi, serta kurangnya pemahaman masyarakat tentang hukum. Adapun dampak hukumnya terhadap hak anak dari perkawinan kedua setelah perceraian yang terjadi di luar pengadilan agama berdasarkan penelitian, anak tetap mendapatkan hak-hak keperdataannya seperti hubungan nasab dan berhak saling mewarisi. Berdasarkan hasil wawancara banyak masyarakat yang belum tahu, masyarakat masih mengacu kepada kitab-kitab fiqih pada zaman dahulu dimana pada saat itu belum ada pernikahan yang dicatat maupun belum ada peradilan agama. Tentu saja saat ini ada Kompilasi Hukum Islam yang disusun berdasarkan Ijma ulama fikih yang dijadikan rujukan pada pengadilan agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perceraian; Perkawinan; Pengadilan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Criminal Law
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Ibnu Muti Nahwan
Date Deposited: 09 Sep 2020 06:55
Last Modified: 09 Sep 2020 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item View Item