Strategi pengelolaan aset desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa di desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut.

Maulina, Intan Alif (2020) Strategi pengelolaan aset desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa di desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan asli desa merupakan sumber pendapatan desa yang dimanfaatkan untuk mendukung keuangan desa dalam pembangunan dan pengelolaan aset desa.Pengelolaan pendapatan asli desa dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pembangunan desa sebagai penambah dan pemasukan dan sumber pendapatan desa. Hal ini sesuai dengan pasal 77 Undang-Undang Nomor 6 2014 tentang Pengelolaan Kekayaan Milik Desa. Oleh sebab itu, desa memerlukan strategi yang sesuai dalam menentukan arah perkembangan pendapatan desanya. Konsep ini berlaku untuk seluruh desa termasuk Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, Pendapatan Asli Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi diambil dari potensi alam dan sumberdaya manusia yang bisa dimanfaatkan, potensi-potensi itu harus dikelola secara profesional. Akan tetapi, pada kenyataannya sekalipun potensi desa ini sangat banyak tapi belum mampu untuk mensejahterakan masyarakat desa. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk strategi dalam mengembangkan asset desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi KabupatenGarut.Penelitian ini menggunakan teori strategi optimalisasi pengelolaan pendapatan asli desa menurut Mardiasmo yang terdapat 4 kebijakan pengelolaan pendapatan asli desa, fokus penelitian antara lain identifikasi dan inventarisasi nilai dan potensi aset desa, sitem informasi manajemen aset desa, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan aset desa, keterlibatan jasa penilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data mengacu pada analisis menurut Lexy J. Moleong dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara pada kantor Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan Pendapatan Asli Desadi Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut belum berjalan dengan efektif karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kemampuan diri dalam usaha industry rumahan yang ada sehingga belum mampu meningkatkan pendapatan asli desa dan strategi dalam mengembangkan aset desa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten masih ada yaitu sulit untuk mengembangkan pendapatan asli desa dalam bidang pasar desa dan pasar hewan karena masih dikelola oleh pemerintah kabupaten dan belum memiliki website desa sendiri sehingga menyebabkan proses transparansi kurangmaksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi;pendapatan asli desa;aset desa;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: intan alif maulina
Date Deposited: 10 Sep 2020 01:51
Last Modified: 10 Sep 2020 01:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33260

Actions (login required)

View Item View Item