Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan pemahaman nilai karakter Islami dan perilaku keberagamaan siswa pada mata pelajaran PAI

Fatmawati, Farah Dila (2019) Penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan pemahaman nilai karakter Islami dan perilaku keberagamaan siswa pada mata pelajaran PAI. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapan model yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI yaitu model VCT. Model ini merupakan salah satu upaya yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan nilai karakter bagi siswa. Pada saat pembelajaran PAI di kelas XI SMK Assyafiiyah model VCT sudah diterapkan secara maksimal sesuai dengan teori dan langkah-langkah model tersebut, namun yang terjadi adalah pemahaman dan perilaku keberagamaan siswa rendah. Oleh karena itu model VCT perlu diterapkan secara optimal sehingga dapat berpengaruh terhadap pemahaman nilai karakter Islami dan perilaku keberagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) penerapan model pembelajaran VCT pada mata pelajaran PAI, b) perbedaan pemahaman nilai karkater Islami yang menggunakan model pembelajaran VCT dengan model konvensional, c) perbedaan perilaku keberagamaan yang menggunakan model VCT dengan model konvensional, d) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran VCT pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoretis bahwa model pembelajaran VCT menekankan bagaimana sebenarnya seseorang membangun nilai yang menurut anggapannya baik yang pad gilirannya nilai-nilai tersebut akan mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Berdasarkan hal ini siswa akan dapat menilai suatu perbuatan dan memahamai sebab akibat dari perbuatan tersebut sehingga berimplikasi terhadap perilakunya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah non equivalent kontrol group design (pretest dan posttest). Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data untuk penelitian ini adalah tes, angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman nilai karakter Islami dan perilaku keberagamaan siswa yang menggunakan penerapan model VCT dengan model konvensional. Pemahaman nilai karakter Islami yang menggunakan model VCT diperoleh nilai sebesar 74,03, sedangkan yang menggunakan model konvensional diperoleh nilai sebesar 55,88. Dengan kata lain terdapat perbedaan peningkatan pemahaman nilai karakter Islami siswa antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Setelah menganalisis perilaku keberagamaan siswa yang menggunakan model pembelajaran VCT diperoleh hasil 82,32%, sedangkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh hasil 67,13%. Dengan kata lain terdapat perbedaan peningkatan perilaku keberagamaan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran VCT menunjukan kualifikasi positif dengan nilai 81,09, nilai tersebut termasuk kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Value Clarification Technique; Pemahaman Nilai Karakter; Perilaku Keberagamaan Siswa.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FARAH DILA FATMAWATI
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:19
Last Modified: 14 Sep 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33379

Actions (login required)

View Item View Item