Makna Customer Service bagi petugas pelayanan pajak sebagai profesi di KPP Pratama Bandung Cicadas: Studi Fenomenologi Pelayanan TPT di kantor Pelayanan Pajak Bandung Cicadas

Handayani, Rosyiana (2013) Makna Customer Service bagi petugas pelayanan pajak sebagai profesi di KPP Pratama Bandung Cicadas: Studi Fenomenologi Pelayanan TPT di kantor Pelayanan Pajak Bandung Cicadas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak_1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena makna profesi customer service bagi petugas pelayanan pajak. Customer service merupakan profesi dengan kegiatan pelayanan, perhatian yang besar terhadap publik dan bertindak sesuai dengan kebutuhan mereka, akan membangkitkan simpati dan kepercayaan publik terhadap perusahaan. Pelayanan merupakan kunci dalam kegiatan-kegiatan customer service terutama dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Makna Customer Service Bagi Petugas Pelayanan Pajak Sebagai Profesi di KPP PRATAMA Bandung Cicadas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Studi ini dimaksudkan untuk menggali pengalaman terdalam customer service bagi petugas pelayanan pajak sebagai profesi menurut pandangan mereka sendiri. Pengumpulan data dilakukan secara primer berupa wawancara mendalam dengan para customer service KPP PRATAMA Bandung Cicadas dan sekunder berupa keterangan dari Kepala Seksi Pelayanan serta wajib pajak KPP PRATAMA Bandung Cicadas dan sumber data penunjang dimana satu sama lain saling mendukung. Purposive sampling merupakan teknik pemilihan informan pada penelitian ini sedangkan teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif para petugas pelayanan pajak dalam memilih profesi customer service didasari atas motif masa lalu, yang kemudian muncul motivasi dari customer service yang beraneka ragam. Motivasi tersebut ada internal motivation, external motivation dan external&internal motivation. Motivasi ini mempengaruhi konsep diri customer service yang menghasilkan konsep diri tertutup dan terbuka. Pemahaman pelayanan publik didapat berdasarkan pengalaman kerja mereka sebagai customer service, bahwa pelayanan publik adalah pelayanan prima kepada masyarakat sebagai aparatur pemerintah dan abdi masyarakat dengan berasaskan 3 S (Senyum, Sapa, Salam) yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dan undang-undang yang berlaku. Sedangkan makna dari customer service sebagai profesi bagi petugas pelayanan pajak KPP PRATAMA Bandung Cicadas adalah profesi yang bekerja melayani kebutuhan publik dalam tiap transaksi, menawarkan barang atau jasa perusahaan dengan komunikasi yang baik dan sikap yang ramah serta santun. Terlebih lagi, profesi customer service merupakan profesi yang mulia karena menjalin hubungan baik dengan sikap yang menyenangkan kepada publiknya. Pula customer service merupakan profesi penopang instansi atau perusahaan karena dia-lah ujung tombak dari lembaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: customer service; pelayanan pajak
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:06
Last Modified: 17 Jul 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item