Peran fasilitator komunikasi dalam membangun kepercayaan publik eksternal:Analisis deskriptif corporate communication PT Bio Farma

Septiani, Cici (2020) Peran fasilitator komunikasi dalam membangun kepercayaan publik eksternal:Analisis deskriptif corporate communication PT Bio Farma. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

PT Bio Farma (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi vaksin dan anti sera. PT Bio Farma sangat berkaitan erat dengan produknya yaitu vaksin dan anti sera begitu pula dengan kepercayaan publik terhadap produk akan sama berpengaruhnya terhadap perusahaan. Membangun kepercayaan publik perusahaan terutama publik ekternal menjadi salah satu tujuan Public Relations dalam perusahaan, atau sebagai tanggung jawab Corporate Communication PT. Bio Farma sebagai Public Relations perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bebagai upaya perusahaan dalam mencapai kepercayaan publik yang positif, menjaga komunikasi yang efektif antara perusahaan dan publik eksternal, dan menyediakan fasilitas komunikasi bagi publik eksternal. Penelitian ini didasarkan pada konsep peran public relations dari Cutlip, dengan salah satu peran yang ditekankan yaitu peran fasilitator komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretatif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif degan jenis data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam dan studi dokumentasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran fasilitator komunikasi dalam membangun kepercayaan publik eksternal yang dilakukan oleh Corporate Communication PT Bio Farma dilakukan dengan upaya memberikan informasi kepada publik eksternal melalui berbagai channel. Upaya dalam menjaga komunikasi yang efektif yaitu degan menyampaikan informasi terkini perusahaan kepada publik eksternal melalui fasilitas komunikasi yang disediakan oleh PT Bio Farma yaitu website, dan akun sosial media seperti instagram, twitter, youtube, milik PT Bio Farma yang dikelola langsung oleh Corporate Communication, atau mellaui berbagai media konvensional seperti majalah, koran, atau melalui roadshow. Publik bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan melalui berbagai channel yang disediakan oleh PT Bio farma. Peran fasilitator komunikasi yang dilakukan oleh Corporate Communication PT Bio farma dalam membangun kepercayaan publik eksternal dilaksanakan degan menjaga komunikasi yang efektif diantara perusahaan dan publik eksternal, menyampaikan beragam informasi terupdate perusahaan yang disampaikan kepada publik eksternal melalui fasilitas komunikasi yang disediakan oleh Corporate Communication yaitu website dan media sosial, atau juga melalui media konvensional maupun roadshow. Fasilitas komunikasi tersebut merupakan tempat publik dan perusahaan berinteraksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fasilitator komunikasi;Corporate Communication;publik eksternal;kepercayaan publik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Cici Septiani
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:05
Last Modified: 17 Sep 2020 06:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33500

Actions (login required)

View Item View Item