Peranan pimpinan dalam pengembangan pondok pesantren: Studi deskriptif terhadap kepemimpinan K.H. Ghozali Sanusi di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah Citamiang Kota Sukabumi

Sanusi, Nusi (2020) Peranan pimpinan dalam pengembangan pondok pesantren: Studi deskriptif terhadap kepemimpinan K.H. Ghozali Sanusi di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah Citamiang Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam dimana para santrinya tinggal di pondok yang di pimpin oleh kiai. Kiai merupakan elemen yang sangat penting keberadaan dan kedudukannya dalam suatu pondok pesantren. Maka sudah sewajarnya pertumbuhan suatu pondok pesantren semata-mata, bergantung pada kemampuan pribadi kiainya. Selain dilihat dari perkembangan jumlah santri, sarana dan fasilitas pondok pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah yang memadai. Dengan perkembangan pondok pesantren tersebut, tidak terlepas dari peranan seorang pimpinan pondok pesantren untuk mengembangkan pondok pesantren yang dipimpinnya sehingga bisa berkembang saat ini, walaupun membutuhkan waktu selama 43 tahun dalam proses pengembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perencanaan, peranan pembuatan keputusan, dan pengambilan keputusan pimpinan dalam mengembangkan pondok pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah. Penelitian ini berdasarkan teori Mintzberg bahwasannya peranan kepemimpinan seorang pimpinan diantaranya sebagai seorang perencana, sebagai pembuat keputusan, dan sebagai pengambil keputusan. Metode yang digunakan metode deskriptif, karena metode ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena empirik yang terjadi dilapangan, dengan pendekatan kualitatif, serta dengan tiga teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa peranan perencanaan yang dilakukan oleh pimpinan pondok pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah bahwa dalam perencanaan pengembangan pondok pesantren tidak diprogramkan secara khusus tetapi hanya sesuai kebutuhan saja. Sedangkan dalam peranan pembuatan keputusan sebagai penentu kebijakan dengan cara musyawarah. Kemudian dalam pengambilan keputusan dilakukan dengan mengambil gagasan dari seluruh pengurus di tingkat yayasan untuk mendapatkan hasil mufakat dari seluruh pengurus. Berdasarkan hasil temuan penulis K.H Ghozali Sanusi merupakan teladan yang baik bagi seorang pemimpin, itu terbukti dengan berkembangnya pondok pesantren Al-Qur’an Al-Ghozaliyah dari masa ke masa dan sampai saat ini masih berdiri kokoh di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pimpinan; Pengembangan; Pondok Pesantren
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: nusi sanusi
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:35
Last Modified: 21 Sep 2020 04:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33559

Actions (login required)

View Item View Item