Strategi public relations mempertahankan kepercayaan pelanggan melalui layanan promo: Analisis deskriptif Kantor Grab cabang Kota Bandung

Adawiah, Lilis Tantri Robiah (2020) Strategi public relations mempertahankan kepercayaan pelanggan melalui layanan promo: Analisis deskriptif Kantor Grab cabang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Grab Kota Bandung merupakan salah satu perusahaan ojek online di Indonesia. Grab di Indonesia mempunyai pesaing dalam pemasarannya, untuk itu Grab membuat strategi promo untuk bisa bersaing dengan kompetitornya. Promo (diskon) merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh Grab Kota Bandung dalam Mempertahankan Kepercayaan Pelanggannya. Promo (diskon) tersebut menjadi salah satu alasan banyaknya masyarakat yang memilih menggunakan transportasi Grab daripada transportasi online lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya Grab untuk Membentuk Integritas karyawan, Kehandalan (Reliability) pelayanan yang diberikan oleh Grab, Kemampuan (Ability) dalam mempertahankan kepercayaan pelanggan. Peneliti menggunakan konsep kepercayaan (Trust) dari Grunig J.E dan Dozier. Konsep ini dipilih karena sesuai dengan dimensi-dimensi yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam mempertahankan kepercayaan publik. Paradigma yang digunakan yaitu paradigma kontruktivistik dengan pendekatan interpretif dan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga cara yang dilakukan oleh Grab dalam mempertahankan pelanggannya yaitu: 1).Membentuk integritas karyawan dengan cara membentuk karyawan agar jujur, terbuka dalam memberikan informasi dan komitmen dalam bekerja. 2). Kehandalan pelayanan Grab yaitu dengan cara selalu menepati janji promo yang diberikan, memberikan banyak fitur layanan, membuat strategi promo (perencanaan,pelaksanaan, evaluasi). 3).Kemampuan yang dilakukan Grab Kota Bandung dalam memberikan promonya yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan fasilitas yang nyaman, memberikan banyak kategori diskon, mempengaruhi pelanggan melalui periklanan di media sosial, aplikasi Grab, media luar ruang untuk bisa bersaing dengan kompetitornya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Grab Kota Bandung telah melakukan Strategi Mempertahankan Kepercayaan Pelanggan Melalui Layanan Promo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan public; promo; diskon
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
General Management > General Publications of Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Lilis Tantri Robiah Adawiah
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:18
Last Modified: 21 Sep 2020 02:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item View Item