Pengaruh intensitas mengikuti ekstrakulikuler Pramuka terhadap akhlak siswa : Penelitian terhadap siswa kelas X di MAN 2 Cilegon Kecamatan Grogol Kota Cilegon

Ramadhan, Ganang (2020) Pengaruh intensitas mengikuti ekstrakulikuler Pramuka terhadap akhlak siswa : Penelitian terhadap siswa kelas X di MAN 2 Cilegon Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian pendahuluan peneliti masih menemukan penyimpangan yang dilakukan oleh siswa. Untuk menanggulangi hal-hal tersebut, perlu adanya perhatian khusus dari orang tua guru dan sekolah kepada siswa agar tak terjadi hal-hal demikian. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu dengan menyibukan peserta didik dengan hal yang positif, yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler yang bermanfaat, termasuk ekstrakulikuler pramuka. Namun dalam kenyataannya masih ada siswa yang aktif dalam mengikuti ekstrakulikuler pramuka tetapi belum memiliki akhlak yang mulia dan penulis mengangap perlu meneliti masalah ini. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini diantaranya adalah 1) mengetahui realitas intensitas mengikuti ekstrakulikuler pramuka di MAN 2 Cilegon. 2) mengetahui akhlak siswa MAN 2 Cilegon. 3) mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakulikuler pramuka terhadap akhlak siswa MAN 2 Cilegon. Dalam upaya mengetahui pengaruh intensitas peserta didik dalam mengikuti ekstrakulikuler pramuka terhadap akhlak siswa, peneliti menentukan indikator intensitas mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka yaitu: frekuensi kegiatannya, mengerti dan paham akan materi pramuka dan adanya motifasi untuk mengikuti ekstrakulikuler pramuka. Sedangkan indikator dari akhlak yaitu: akhlak terhadap allah, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap lingkungan, akhlak terhadap diri sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis korelasi product moment untuk menganalisis hubungannya. Adapun untuk menganalisis pengaruhnya menggunakan regresi linier sederhana. berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dinyatakan bahwaa data berdistribusi normal dan berdasarkan hasil perhitungan uji linearitas dinyatakan linear dan berdasarkan hasil analisis hubungan antara kedua variabel yaitu intensitas mengikuti ekstrakulikuler pramuka dengan akhlak siswa kelas X di MAN 2 Cilegon memperoleh hasil perhitungan 0,696 hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan analisis menggunakan pengaruh variabel intensitas mengikuti ekstrakulikuler pramuka terhadap akhlak siswa kelas X MAN 2 Cilegon maka diperoleh hasil persamaan regresi Y = 38,332 + 0,828X dan fhitung = 92,226 > ftabel = 3,21 yang berarti signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara variabel X dan variabel Y mempunyai pengaruh yang signifikan sehingga hipotesis yang menyatakan intensitas mengikuti ekstrakulikuler pramuka berpengaruh terhadap akhlak siswa kelas X MAN 2 Cilegon diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Pramuka; Akhlak Siswa
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Hari Kemudian, Akhirat
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ganang Ramadhan
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:49
Last Modified: 22 Sep 2020 06:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33585

Actions (login required)

View Item View Item