Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah 1 Kota Bandung

Hasanah, Noer Siti (2012) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris masih bersifat konvensional dan cenderung kurang melibatkan siswa. Guru cenderung tidak menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran tidak dikemas dengan menarik sehingga sering dianggap sulit dan menimbulkan kebosanan pada siswa. Pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Center) Siswa hanya menerima materi, menulis, dan mengikuti semua yang dilakukan guru, akibatnya pembelajaran hanya bersifat verbalistik yang berakibat pada rendahnya pemerolehan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran di kelas VA MI Miftahulfalah 1 Kota Bandung. Kedua, untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata siswa pada setiap siklus melalui media gambar pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah 1 kota Bandung. Ketiga, mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata siswa setelah diterapkannya media gambar pada seluruh siklus pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang merupakan salah satu bagian dari penelitian tindakan dengan tujuan spesifik yang berkaitan dengan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilaksanakan di kelas dalam bentuk praktik pembelajaran dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dengan melakukan tindakan tertentu secara kolaboratif dan sistematis melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penggunaan media gambar dapat dilihat peningkatan kemampuan kosakata siswa pada setiap siklus. Sebelum adanya penggunaan media gambar, nilai rata-rata siswa siswa berada di bawah KKM yaitu 52,72, setelah adanya penggunaan media gambar pada siklus I 56,4, pada Siklus II meningkat menjadi 59,09, dan pada siklus III meningkat menjadi 76,36. Selain itu nilai rata-rata yang diperoleh dari nilai seluruh siklus adalah 80 Berdasarkan keterangan dari kriteria konversi tersebut maka nilai 80 ini berada antara 75%  C≤ 90%. Dengan demikian rata-rata kemampuan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah bernilai baik. . Hal ini dapat dijelaskan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VA MI Miftahulfalah1 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media; Gambar; Kosakata; Bahasa Inggris;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
English
Drawing and Drawings
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 03:34
Last Modified: 09 Mar 2019 04:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item