Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap komitmen organisasi: Studi pada pegawai sekretariat Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Jawa Barat

Sofyani, Syifa Fauziyyah (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap komitmen organisasi: Studi pada pegawai sekretariat Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Komitmen organisasi sangat berperan penting dalam berjalannya suatu perusahaan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi komitmen salah satunya adalah Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional, fungsi dari gaya kepemimpinan adalah untuk memotivasi, merngarahkan juga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi anggotanya agar dapat terus berkomitmen dalam organisasi tersebut. Gaya Kepemimpinan Transaksional memberikan motivasinya cenderung kepada perhatian pribadi anggotanya, lain hal nya dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional memberikan motivasinya cenderung lebih berwibawa dengan mengutamakan kepentingan organisasi dibandingkan kepentingan pribadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode suvey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Penelitian ini adalah teknis sample jenuh yaitu pengambilan anggota sampel dan populasi dilakukan secara keseluruhan. Teknik ini diambil karena anggota populasi relatif kecil/sedikit. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai pada sub bagian Sekretariat Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan data yang terkumpul kemudian di uji validitasnya dan realibitasnya. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti melalui pengujian secara simultan yang menghasilkan Fhitung 11.733 > 3,22 yang merupakan Ftabel, gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifkan terhadap komitmen organisasi terbukti melalui pengujian parsial (uji t) yang menghasilkan nilali thitung sebesar 4,872 > 2,018. Serta gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Berdasarkan koefisien determinasi di dapatkan nilai r square 0,358. Hal ini menujukan bahwa komitmen organisasi di pengaruhi oleh gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional. Sebesar 35,8% sedangkan 64,2% lainnya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini karena keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transaksional,; Gaya Kepemimpinan Transformasional,; Komitmen Organisasi;
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Syifa Fauziyyah Sofyani
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:43
Last Modified: 23 Sep 2020 07:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33723

Actions (login required)

View Item View Item