Adopsi inovasi media sosial sebagai media publikasi: Studi deskriptif penggunaan media sosial sebagai media publikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka

Pangestu, Tezar Aulia (2019) Adopsi inovasi media sosial sebagai media publikasi: Studi deskriptif penggunaan media sosial sebagai media publikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap aspek kehidupan yakni kebutuhan informasi. Hal ini ditandai dengan peralihan media massa tradisional menjadi media massa berbasis digital dengan dukungan koneksi internet. Namun, seringkali media massa konvensional tidak memenuhi kebutuhan informasi khalayak, salah satunya informasi pariwisata. Maka muncul ide menggunakan media sosial sebagai media publikasi dan penyebaran informasi, oleh para akun-akun pegiat pariwisata dan media komunitas, sampai menjadi inspirasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Majalengka. Media sosial kemudian dianggap sebuah sarana alternatif khalayak dalam memenuhi kebutuhan informasi khususnya bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan adopsi inovasi media sosial sebagai media publikasi meliputi pengetahuan inovasi media sosial, persusasi kepada jajaran Disparbud, keputusan adopsi media sosial, implementasi publikasi melalui media sosial dan bagaimana konfirmasi media sosial sebagai media publikasi dan penyebaran informasi Disparbud Kabupaten Majalengka. Penggunaan teori difusi inovasi dalam penelitian ini didasarkan tentang bagaimana sebuah ide atau teknologi baru tersebar dalam sebuah kebudayaan. Asumsi teori ini pandangan bahwa media massa berkontribusi atas seluruh pembaharuan dan inovasi yang berkembang dalam masyarakat. Inovasi akan melahirkan kegiatan baru dalam penyebaran informasi di kalangan masyarakat. Dalam pratiknya, proses difusi inovasi dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, menggambarkan keadaan objek atau subjek penelitian seperti seseorang, lembaga, masyarakat pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya. Metode penelitian deskriptif memahami karakteristik dalam suatu deskripsi secara faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jajaran Disparbud Kabupaten Majalengka familiar dengan media sosial. Hal ini berdampak pada proses persuasi konsep media sosial sebagai media publikasi kepada jajaran Disparbud Kabupaten Majalengka relatif cepat. Dalam keputusan adopsi media sosial tersebut, tidak ada alokasi khusus yang dianggarkan. Salah satu dampak dalam tahap implementasi, praktik publikasi melalui media sosial belum terperiodik dan tematik. Evaluasi dari publikasi melalui media sosial menjadikan masyarakat antusias dengan media sosial Disparbud Kabupaten Majalengka, termasuk terjadi peningkatan jumlah wisatawan. Media sosial dianggap efektif dalam mempublikasikan informasi, selain jangkauan luas, biaya operasional media sosial lebih murah dan prosesnya lebih mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media sosial; Informasi; Inovasi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Process > Social Change
Communities > Urban Communities, Cities
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tezar Pangestu
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:36
Last Modified: 25 Sep 2020 03:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33801

Actions (login required)

View Item View Item