Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler K-Pop hubunganya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi

Alyani, Ayuni (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler K-Pop hubunganya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa kegiatan ekstrakulikuler K-POP (Kajian Populer Islami) memiliki tujuan agar anak dapat memperdalam Islam. Bentuk kegiatan dari ekstrakulikuler K-POP ini yaitu kajian materi-materi Islami yang diberikan dengan pemaparan cara yang menyenangkan, asyik dan santai. Seperti, menggunakan media power point, film, puisi, tanya jawab dan diskusi. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Jum’at ketiga setiap bulannya. Dan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan K-POP adalah siswa SMPN 1 Cileunyi dari kelas VII, VIII dan IX. Secara umum siswa siswa yang mengikuti kegiatan ini bersifat sunnah dan siswa yang mengikutipun antusias akan tetapi hasil belajar kognitif masih relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler K-POP di SMPN 1 Cileunyi. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cileunyi. (3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler K-POP dengan hasil belajar kognitif PAI siswa di SMPN 1 Cileunyi. Hasil belajar kognitif siswa secara teori salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas siswa (Ibrahim, 2016) dalam mengikuti kegiatan yang menunjang terhadap hasil belajar siswa. Kegiatan ekstrakulikuler K-POP diasumsikan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif korelasi. 2) Responden 40 siswa Kelas VII SMPN 1 Cileunyi. 3) Alat pengumpul data penelitian melalui angket, tes, observasi, dan studi kepustakaan. 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, tes, dan studi kepustakaan. Dan 5) Teknik analisis data kualitatif dengan pendekatan logika dan data kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler K-POP termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan indikator sebesar 3,85 berada pada interval 3,40 – 4,19. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 1 Cileunyi termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan indikator sebesar 83,15 berada pada interval 80 – 100. (3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler K-POP dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 1 Cileunyi berada pada kategori sedang, dengan koefisien korelasi 0,43 berada pada skala 0,40 – 0,60. Derajat pengaruhnya sebesar 10%. Artinya masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka dalam aktivitas mereka yaitu di luar mengikuti kegiatan ekstrakulikuler K-POP di kelas VII SMPN 1 Cileunyi, yakni sebesar 90%. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Kognitif, Pendidikan Agama Islam, Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; hasil belajar; kognitif; K-Pop
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayuni Alyani
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:08
Last Modified: 28 Sep 2020 04:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item View Item