Pemberitaan ekonomi halaman Tribun Biz harian pagi Tribun Jabar: Analisis isi berita ekonomi halaman Tribun Biz pada harian pagi Tribun Jabar edisi Oktober-November-Desember 2011

Fazriah, Dina Azizatul (2012) Pemberitaan ekonomi halaman Tribun Biz harian pagi Tribun Jabar: Analisis isi berita ekonomi halaman Tribun Biz pada harian pagi Tribun Jabar edisi Oktober-November-Desember 2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
3_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman kemajuan teknologi komunikasi pun semakin pesat, dimana kebutuhan manusia tentang informasi semakin meningkat. Sebagai makhluk sosial manusia tidak akan lepas dari informasi, hal serupa dikemukakan oleh Hikmat dan Purnama (2009 : 27) “Manusia harus berkomunikasi dengan manusia lainnya agar ia dapat tetap mempertahankan hidupnya. Ia harus mendapat informasi dari orang lain dan ia memberikan informasi kepada orang lain. Ia perlu mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya, di kotanya, di negaranya, dan semakin lama semakin ingin tahu apa yang terjadi di dunia”. Bentuk komunikasi yang peran dan fungsinya memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat adalah media massa. Media massa merupakan salah satu penyokong pembangunan suatu negara. Perannya adalah dengan meyediakan informasi-informasi yang bertujuan untuk pembangunan suatu negara. Adapun fungsi dari media massa atau pers menurut Dja’far .H. Assegaff ( 1985 : 11 ) adalah: (1) Memberikan informasi. (2) Memberikan hiburan. (3) Melaksanakan kontrol sosial. Fungsi pers dalam ekonomi adalah untuk memantau pertumbuhan ekonomi di Negara Indonesia, dengan menggunakan iklan di surat kabar akan lebih memperudah masyarakat untuk melaksanakan perjual belian, Hikmat dan Purnama ( 2009 : 28) memaparkan “fungsi pers terhadap ekonomi yaitu melayani system ekonomi melalui iklan. Tanpa radio, televisi, majalah dan surat kabar, maka beratlah untuk dapat mengembangkan perekonomian sepesat seperti sekarang. Dengan menggunakan iklan, penawaran akan berjalan dari tangan ke tangan dan barang produksi pun dapat dijual”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: berita ekonomi; TRIBUN JABAR;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:26
Last Modified: 22 Feb 2019 01:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item