Berita penolakan RUU KPK dalam perspektif mahasiswa peserta aksi: Studi kualitatif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Lakoni, Ibrahim (2020) Berita penolakan RUU KPK dalam perspektif mahasiswa peserta aksi: Studi kualitatif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy

Abstract

Aksi penolakan revisi Undang-Undang KPK jadi salah satu aksi demonstrasi besar yang terjadi dipenghujung tahun 2019. Aksi tersebut banyak digelar dibeberapa daerah di Indonesia dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa dari berbagai kampus. Aksi tersebut muncul sebagai respon atas adanya revisi yang dilakukan oleh lembaga legislatif (DPR) terhadap Undang-Undang KPK. Satu diantara revisi tersebut mengatur mengenai adanya Dewan Pengawas KPK dalam rangka mengawal dan mengawasi kinerja KPK memberantas tindak pidana korupsi. Media massa memiliki peranan penting ditengah masyarakat, sebab salah satu fungsi dari media massa disebutkan dalam pasal 3 Undang-Undang no 40 tahun 1999 mengenai pers bahwa salah satu fungsi media adalah sumber informasi selain dari instrumen pendidikan, kontrol sosial, dan hiburan. Media sebagai sumber informasi harus mampu memproduksi berita yang sesuai dengan kaidah yang tercantum dalam UU Pers No. 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perspektif mahasiswa peserta aksi mengenai sajian berita yang disajikan oleh kumparan berkaitan dengan pemberitaan aksi mahasiswa menolak RUU KPK yang disahkan oleh DPR. Penelitian ini memfokuskan bahasannya terhadap tiga persoalan yaitu pengungkapan fakta, angle berita, dan interpretasi data. Ketiga fokus penelitian tersebut diambil dari buku berjudul New Survey of Jurnalism yang ditulis oleh Frank Luther Mott pada abad ke 18. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik analisa data induktif dan menggunakan teori DeFleur dan Ball Rokeach mengenai pertemuan khalayak dengan media. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perspektif mahasiswa mengenai berita yang ditampilkan oleh media kumparan cenderung beragam. Baik dari segi pengungkapan fakta, penentuan angle dan interpretasi data. Beberapa informan menunjukan perspektif yang sama mengenai satu topik dan satu kelompok lainnya menampilkan respon yang berbeda. Dua hal tersebut muncul didasari oleh berita yang ditampilkan, pengalaman, pemahaman dan pandangan informan yang secara alamiah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain keberagaman, penelitian ini menghasilkan kesimpulan dari sudut pandang lain. Yaitu dari segi kualitas berita yang menunjukan bahwa kumparan dalam memberitakan aksi dianggap sudah cukup, alasan tersebut berdasar perspektif mahasiswa peserta aksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perspektif Mahasiswa; Peserta Aksi; RUU KPK.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Constitutional and Administrative Law > Revision and Amandement
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ibrahim Lakoni
Date Deposited: 02 Oct 2020 01:57
Last Modified: 02 Oct 2020 01:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33974

Actions (login required)

View Item View Item