Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Sumber Rezeki : Studi deskriptif di Sukagalih RW 06 Kelurahan Pasirjati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Febtriasari, Zela (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Sumber Rezeki : Studi deskriptif di Sukagalih RW 06 Kelurahan Pasirjati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan diarahkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat itu sendiri baik secara individu maupun kelompok, serta dapat mewujudkan suatu kemandirian masyarakat. Salah satunya masalah lingkungan tidak luput dari kata sampah maka cara yang tepat adalah melakukan pengelolaan sampah. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut melalui Bank Sampah yang merupakan kegiatan yang mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, proses dari pemberberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Sumber Rezeki dan keberhasilan dari pemberberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Sumber Rezeki. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan merupakan proses dan tujuan atau hasil yang ingin dicapai dari pemberdayaan yang akan dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: masyarakat RW 06 sukagalih mampu mengatasi masalah lingkungan tekait sampah dengan mendirikannya Bank Sampah Sumber Rezeki. Proses pemberdayaan yang dilakukan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengelola sampah. Selain mengatasi permasalahan lingkungan, pemberdayaan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat RW 06 Sukagalih terkait pengelolaan sampah. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan pemerintah yang bekerjasama mengatasi permasalahan lingkungan yang ada melalui pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Bank Sampah;
Subjects: Communities
Communities > Socialist Communities
Education
Ecology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: zela febtriasri
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:42
Last Modified: 09 Oct 2020 06:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34087

Actions (login required)

View Item View Item