Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran Al-Quran Hadis: Penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas IV MIN Nyampay Lembang

Mulyani, Reni Sri (2012) Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran Al-Quran Hadis: Penelitian kuantitatif terhadap siswa kelas IV MIN Nyampay Lembang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas IV MIN Nyampay Lembang kabupaten Bandung, bahwa motivasi siswa dalam belajar al-Quran Hadis cukup baik. Hal ini terbukti dengan hampir semua siswa hadir dalam setiap kegiatan belajar al-Quran Hadis. Namun di pihak lain aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran hadis relatif rendah. Salah satu buktinya yaitu masih ada siswa yang tidak bertanya pada saat pembelajaran berlangsung, tidak konsentrasi dalam belajar dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadis; (2) Realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadis; (3) Realitas hubungan antara motivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran, bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadis salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Dari asumsi teori tersebut dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadis, maka semakin tinggi pula aktivitas mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadis, semakin rendah pula aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan penyebaran angket. Responden dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas IV MIN Nyampay Lembang Kabupaten Bandung Barat. Analisis korelasi kedua variabel menggunakan teknik korelasi product moment, karena kedua variabel berdistribusi normal dan regresinya linier. Dari hasil analisis, diketahui motivasi belajar siswa kelas IV MIN Nyampay Lembang Kabupaten Bandung pada mata pelajaran al-Quran Hadis termasuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,95. Adapun aktivitas belajar siswa kelas IV MIN Nyampay Kabupaten Bandung pada mata pelajaran al-Quran Hadis termasuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,16. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,67, termasuk pada kategori tinggi karena berada pada interval 0,60-0,69. Hasil uji t pada taraf signikifansi 5% menunjukan t hitung > t tabel yaitu 5,28 > 2,03. Sehingga Ha diterima artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 26%. Dengan demikian, masih ada 74% faktor lain yang mempengaruhi aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadis, selain motivasi belajar mereka seperti tidak bertanya, tidak konsentrasi dan tidak bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi; belajar; siswa; Al-Qurán; Hadits;
Subjects: Islam > Koran
Islam > Hadith
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2016 00:43
Last Modified: 12 Mar 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item