Manajemen program berita Jabar Hari Ini di TVRI Jawa Barat: Studi deskriptif mengenai produksi program televisi pada Jabar Hari Ini

Anugrah, Reza (2020) Manajemen program berita Jabar Hari Ini di TVRI Jawa Barat: Studi deskriptif mengenai produksi program televisi pada Jabar Hari Ini. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Media massa sebagai alat bantu komunikasi sudah semakin diperlukan. Kebutuhan akan informasi yang tinggi dari masyarakat menuntut para penyedia media informasi lebih professional dan lebih kreatif dalam mengolah, mengemas dan menyajikan programnya. Hal itu terlihat dari berbagai sektor salah satunya media penyiaran televisi. Hal ini membuat persaingan antara stasiun televisi semakin ketat dalam membuat sebuah program acara yang bermanfaat serta menarik perhatian khalayak. Untuk menghadapi persaingan ini, perusahaan stasiun televisi dituntut untuk dapat mempertahankan dan menjaga kualitas program acara yang ditayangkannya. Selain itu strategi manajemen produksi program acara harus mampu mengkomunikasikan keunggulan yang dimilikinya, khususnya dalam hal proses produksi program acara. TVRI Jawa Barat misalnya yang selalu menyajikan berbagai infomasi penting serta menarik melalui salah satu program beritanya yaitu Jabar Hari Ini. Selain dari pemandu acara, kesuksesan acara ini tidak lepas dari tim kreatif, tim produksi, serta tim pendukung lainnya. Penelitian ini menggunakan konsep Proses Produksi milik Fred Wibowo, yang berasumsi bahwa dalam tahapan produksi terdiri dari 3 bagian yang lazim disebut dengan standard operational prosedure (sop) yaitu tahap praproduksi, produksi, sampai pasca produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Informan dipilih secara snowball, data yang diperoleh dari hasil wawancara , analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tahapan produksi yang dilakukan TVRI Jabar pada program berita Jabar Hari Ini dimulai dari proses praproduksi (perencanaan) melalui rapat produksi guna untuk menentukan materi berita, narasumber, dan petugas peliputan (reporter dan kameramen). Produksi (pelaksanaan) dilakukan peliputan berita dengan menggunakan beberapa langkah melalui wawancara, pengambilan gambar, serta pembuatan naskah. Terakhir pascaproduksi (penyelesaian) dilakukan dengan melakukan dubbing (merekam suara) yang disesuaikan dengan naskah berita yang sudah disetujui. Kemudian melakukan proses pemotongan suara sesuai dengan catatan peradegan atau peristiwa sehingga siap untuk melakukan penayangan secara (on air). Tahapan yang dilakukan kru TVRI Jabar dalam memproduksi program berita Jabar Hari Ini sudah mengikuti tahapan-tahapan dalam Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi; Produksi Program Televisi; Program Berita
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Reza Anugrah
Date Deposited: 12 Oct 2020 08:07
Last Modified: 12 Oct 2020 08:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34212

Actions (login required)

View Item View Item