Pengaruh perputaran total aktiva dan tingkat pengembalian aktiva terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi di PT. Salim Ivomas Pratama Tbk Periode 2009-2019

Akhsan, Muhammad Almunadi (2020) Pengaruh perputaran total aktiva dan tingkat pengembalian aktiva terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi di PT. Salim Ivomas Pratama Tbk Periode 2009-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu indikator keberhasilan dalam perusahaan itu dapat dilihat dari laba perusahaan. Ketika laba perusahaan baik mencerminkan pertumbuhan perusahaan baik juga. Perkiraan laba besar ini dapat dilihat dengan menganalisis laporan keuangan melalui rasio-rasio keuangan perusahaan. Jadi, apabila kinerja perusahaan baik maka pertumbuhan laba meningkat, dan sebaliknya apabila kinerja perusahaan buruk maka pertumbuhan laba akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perputaran total aktiva secara parsial terhadap pertumbuhan laba pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis tingkat pengembalian aktiva secara parsial terhadap pertumbuhan laba pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perputaran total aktiva dan tingkat pengembalian aktiva terhadap pertumbuhan laba pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk periode 2009-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Perputaran total aktiva merupakan rasio yang dapat mengukur kemampuan perusahaan dalam efektivitasnya yang menghasilkan penjualan. Sedangkan tingkat pengembalian aktiva merupakan persentase laba kotor yang dicapai perusahaan dibandingkan dengan nilai total aktiva perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran total aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, hal ini ditunjukkan dengan t hitung sebesar -0,628 dan koefisien determinasi sebesar 4,2%. Secara parsial tingkat pengembalian aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba., hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 0,806 dan koefisien determinasi sebesar 6,7%. Kemudian secara simultan perputaran total aktiva dan tingkat pengembalian aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, hal ini ditunjukkan oleh nilai f hitung 2,176 dan koefisien determinasi sebesar 35,2% pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Total Aktiva; Tingkat Pengembalian Aktiva; Pertumbuhan Laba;
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Almunadi Akhsan
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:03
Last Modified: 21 Oct 2020 04:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34341

Actions (login required)

View Item View Item