Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan matematis peserta didik: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nashrul Haq Kabupaten Bandung

Fitriani, Dinda (2020) Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan matematis peserta didik: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nashrul Haq Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan masalah yang terjadi di kelas IV MI Nashrul Haq Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil wawancara dan tes kemampuan peserta didik didapatkan hasil data pendahuluan yang menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang relatif rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai rata-rata tes pemecahan masalah matematis peserta didik dari KKM yang telah ditentukan. Permasalahan ini terjadi dikarenakan peserta didik yang tidak terbiasa dalam memecahkan suatu permasalahan dan proses pembelajaran yang tidak mendukung meningkatnya kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebelum menggunakan model MEA, proses penerapan model MEA pada pembelajaran matematika, dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah menggunakan model MEA. Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akan terbiasa dilakukan oleh peserta didik jika model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tersebut dapat mendukung kemampuan tersebut. Salah satunya dengan menerapkan model MEA. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan model MEA diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan/pertemuan. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek peserta didik kelas IV terdiri dari 23 peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis sebelum menggunakan model MEA masih rendah dengan rata-rata 39,64 dan ketuntasan klasikalnya 13,04%. (2) penerapan model MEA pada pembelajaran matematika cukup baik dengan persentase aktivitas pendidik pada siklus I tindakan I 87,5% (sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 61,45% (cukup). Kemudian pada siklus 1 tindakan II, persentase aktivitas pendidik mencapai 91,67% (sangat baik) dan persentase peserta didik sebesar 77,10% (baik). Sedangkan pada siklus II tindakan I, persentase aktivitas pendidik sebesar 100% (sangat baik) sedangkan persentase aktivitas peserta didik sebesar 79,13% (baik). Adapun pada siklus II tindakan II, aktivitas pendidik mencapai 100% (sangat baik) dan aktivitas peserta didik sebesar 83,19% (baik). dengan rata-rata 67,77%, (3) kemampuan pemecahan masalah matematis setelah menggunakan model MEA mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 60,87% dengan nilai rata-rata 67,77% masuk ke dalam kategori cukup dan pada siklus II ketuntasan klasikal 95,65% dengan nilai rata-rata 87,21 masuk ke dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA); Kemampuan Pemecahan masalah; Matematika
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Fitriani
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:01
Last Modified: 20 Oct 2020 02:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34361

Actions (login required)

View Item View Item