Penggunaan model pembelajaran konsiderasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Farabi Kabupaten Bandung

Aziza, Yulia Nur (2020) Penggunaan model pembelajaran konsiderasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Farabi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV MI Al-Farabi Kabupaten Bandung. Pembelajaran yang hanya dilakukan dengan metode ceramah saja membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran serta kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa pada pembelajaran tematik sebelum menggunakan Model Pembelajaran Konsiderasi, mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Konsiderasi, serta untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan sikap toleran siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Konsiderasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran konsiderasi diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 50% dengan kategori sangat kurang. 2) Rata-rata sikap toleran siswa sebelum digunakan Model Pembelajaran Konsiderasi diperoleh nilai 2 dengan kategori cukup. 3) Penerapan model pembelajaran konsiderasi terjadi peningkatan yang signifikan aktivitas guru pada siklus I sebesar 52% (cukup), siklus II sebesar 89% (baik), siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 46% (cukup aktif), siklus II sebesar 84% (aktif), siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat aktif. 4) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran konsiderasi mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 55,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,7% sedangkan pada siklus III diperoleh nilai-rata rata 78 dengan persentase sebesar 100%. 5) Sikap toleran siswa setelah pembelajaran menggunakan model konsiderasi diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konsiderasi; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Sikap Toleran
Subjects: Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Nur Aziza
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:44
Last Modified: 23 Oct 2020 01:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item