Hubungan motivasi belajar dan percaya diri dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian pada kelas XI Madrasah Aliyah Persis 212 Kudang Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

Fitriani, Tantri (2020) Hubungan motivasi belajar dan percaya diri dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian pada kelas XI Madrasah Aliyah Persis 212 Kudang Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui sebatas mana siswa dapat memahami serta mengerti materi yang diberikan. Banyak sekali aspek yang memengaruhi hasil belajar, diamtaranya motivasi dan percaya diri siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menegetahui; (1) hubungan motivasi belajar dengan hasil Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) (2) hubungan percaya diri dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) (3) hubungan motivasi belajar dan percaya diri dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Motivasi belajar (X1) adalah dorongan manusia untuk melakukan suatu tugas atau perbuatan yang serasi guna mencapai tujuan yang dikehendaki (Sardiman, 2014). Percaya diri (X2) adalah suatu perasaan dan keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki untuk dapat meraih kesuksesan dengan berpijak pada usahanya sendiri (Angelis, 2010). Hasil belajar (Y) adalah perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan (Hamalik, 2007). Penelitian ini mneggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriftif korelatif. Untuk pengolahan serta penganalisaan data kuantitatif maka digunakan teknik pengolahan serta penganalisaan statistik. Penelitian ini dilakukan dengan angket dan hasil tes pada 30 responden di Madrasah Aliyah (MA) Persis 212 Kudang. Berdasarkan analisis statistik, menunjukkan bahwa: 1.Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05, dengan mengikuti model regresi Y= 30.945 + 6.497 X, 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara percaya diri dengan hasil belajar siswa. Artinya semakin tinggi percaya diri maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05, dengan mengikuti model regresi Y = 30.945 + 6.497 X, 3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan percaya diri secara simultan dengan hasil belajar, artinya semakin tinggi motivasi dan percaya diri maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koofesien korelasi sebesar 0,000 <0,05. Sedangkan nilai regresinya Y = 23.760 b0 + 0,333 X1 + 0,438 X2. Sedangkan dilihat dari R = 0,915 dan R Square= 0,922 termasuk pada kategori sangat kuat. Dengan demikian hasil belajar SKI dipengaruhi sebesar 92,2% oleh motivasi belajar dan percaya diri secara bersama-sama, sedangkan sisanya 7,8 % dipengaruhi oleh variabel lain seperti kesiapan diri, perhatian dan kematangan. Guna meningkatkan hasil belajar siswa maka guru disarankan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan percaya diri siswa berupa perhatian, pujian dan apresiasi atas hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar;Percaya Diri;Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Tantri Fitriani
Date Deposited: 26 Oct 2020 00:37
Last Modified: 26 Oct 2020 00:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34471

Actions (login required)

View Item View Item