Tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha hubungannya dengan disiplin belajar mereka penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi

Arifin, Arizal (2020) Tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha hubungannya dengan disiplin belajar mereka penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah, yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. yaitu berdasarkan studi pendahuluan tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat duha relatif baik namun disi lain disiplin belajar masih rendah ditandai dengan telat datang ke sekolah, bolos, dan bermain game saat belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha, 2) Realitas disiplin belajar siswa, 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha dengan disiplin belajar mereka di SMPN 1 Cileunyi. Penelitian ini bertitik tolak pada didasarkan pada pemikiran bahwa disiplin belajar siswa dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya tanggapan mereka terhadap pemiasaan Salat Duha. Berdasarkan hal tersebut hipotesis yang diajukan adalah semakin bagus tanggapan siswa terhadap Pembiasaan Salat Duha maka semakin tinggi disiplin belajar mereka. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif-korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumen dengan sampel sebanyak 43 orang. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan melakukan analis parsial per indikator dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpluan bahwa (1) Realitas Tanggapan siswa kelas VIII terhadap pembiasaan Salat Duha di SMPN 1 Cileunyi termasuk pada kategori sedang dengan hasil 2,08 berada pada interval 2,00-3,00 (2) Realitas Disiplin Belajar Siswa kelas VIII termasuk pada kategori tinggi dengan hasil 3,87 yang berada pada interval 3,00-4,00 (3) Hubungan variabel x dengan variabel y berada pada kategori rendah dengan hasil 0,22 yang terdapat pada rentang 0,21 – 0,40. hubungan dua variabel diperoleh kesimpulan bahwa a) Hasil uji hipotesis menunjukan thitung = 1,45 dan ttabel = 1,30 dimana thitung (1,45) > ttabel (1,30) sehingga hipotesis alternatif (ha) diterima, b) Hasil analisis kadar pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 3%. Sehingga tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha mempengaruhi disiplin belajar mereka sebesar 3% dan diperkirakan 97% dipengaruhi oleh faktor lain diluar tanggapan siswa terhadap pembiasaan Salat Duha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Salat Duha; Disiplin Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arizal Arifin
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:22
Last Modified: 02 Nov 2020 01:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item View Item