Pembingkaian Berita Kasus Dugaan Suap Impor Daging Sapi (Analisis Framing Pendekatan William A. Gamson dan Andre Modigliani pada Situs Berita Republika Online Periode Januari-Maret 2013)

M. Nur El Badhi, M. Nur (2013) Pembingkaian Berita Kasus Dugaan Suap Impor Daging Sapi (Analisis Framing Pendekatan William A. Gamson dan Andre Modigliani pada Situs Berita Republika Online Periode Januari-Maret 2013). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

KPK merupakan institusi yang memiliki otoritas untuk menangani/ memeriksa para pelaku kejahatan termasuk tindak korupsi. KPK, meskipun masih baru dari segi usia namun sudah mampu menjadi momok menakutkan bagi para koruptor. Kasus suap impor sapi yang menjerat petinggi PKS telah menyitaa perhatian publik dan menjadi wacana Nasional. Berita – berita mengenai peristiwa tersebut gencar disiarkan oleh media-media nasional. Tidak terkeculi oleh media lokal dan nasional dan dapat diakses dengan cepat terlebih dari media online. Mencuatknya kasus impor sapi memunculkan anggapan bahwa ada konspirasi politik oleh pemerintah terhadap partai-partai peserta pemilu 2014. Republika Online (ROL) merupakan media online nasional yang mempunyai posisi penting dan strategis dalam penyiaran informasi maupun isu-isu yang sedang berkembang. ROL dalam hal ini merupakan pencitraan media Islam yang mempunyai sikap ketika membingkai kasus suap impor daging sapi. Terlebih kasus tersebut mencerat partai yang mewakili partai Islam diperlemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana situs Republika Online menyikapi, memaknai, memahami dan, mengkonstruksi berita tentang Lutfi Hasal Ishak (LHI) terkait dugaan suap impor sapi yang terjadi selama bulan Januari – Maret 2013. Serta untuk melihat media massa sebagai arena sosial yang dibentuk oleh Situs berita Republike Online melalui pemberitaan sikap Lutfi Hasan Ishak terkait dugaan suap impor daging sapi selama bulan Januari – Maret 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis Framing dari Gamson dan Modigliani. Analisis Framing Gamson dan Modigliani dipahami sebagai perangkat gagasan atau ide sentral ketika seseorang atau media memahami dan memaknai suatu isu. Ada dua perangkat bagaimana ide sentral ini diterjemahkan ke dalam teks berita. Pertama, Framing Device (perangkat framing), perangkat ini berhubungan dan berkaitan dengan methapors, catchphareses, exemplaar, depiction, visual images. Kedua, Reasoning Devices (perangkat penalaran), perangkat ini berhubungan dengan Roots, appeals to Principle dan Consequences. Berdasarkan hasil analisi data penelitian, adanya keberpihakan ROL dalam setiap pemberitaan kasus suap impor sapi. Wartawan lebih banyak menuliskan berita yang mengkat citra baik tentang Presiden PKS terserbut sehingga citra yang terbentuk cenderung positif. Serta adanya covering yang dilakukan dalam setiap pemberitaanya, dan membangun opini bahwa LHI tidak bersalah serta menjadi korban konspiasi elit politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing, import daging sapi, suap
Subjects: Criminology > Corruption
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 07:56
Last Modified: 24 Feb 2016 11:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item