Hubungan pembelajaran seriasi dan klasifikasi anak usia dini terhadap kemampuan berhitung: Penelitian korelasi pada Siswa kelompok B1 RA Al-Ghazali Cileunyi Bandung

Anggraeni, Winda Suci (2018) Hubungan pembelajaran seriasi dan klasifikasi anak usia dini terhadap kemampuan berhitung: Penelitian korelasi pada Siswa kelompok B1 RA Al-Ghazali Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftraisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya aspek perkembangan kognitif anak khususnya kemampuan berhitung, karena aspek perkembangan kogitif merupakan dasar dari segala aktivitas intelektual. Salah satu indikator untuk meningkatkan perkembangan kognitif yaitu pembelajaran seriasi dan klasifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang dilakukan pada kelompok B1 RA Al-Ghazali Cileunyi Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Pembelajaran seriasi anak usia dini pada kelompok B1 RA Al-Ghazali. (b) Pembelajaran Klasifikasi anak usia dini pada kelompok B1 RA Al-Ghazali Bandung. (c) Hubungan Pembelajaran Seriasi dan Klasifikasi anak usia dini terhadap Kemampuan Berhitung Kelompok B1 RA Al-Ghazali. Keterampilan kognitif berkaitan dengan pembelajaran seriasi dan klasifikasi yang memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung. Hal ini dikarenakan kemampuan berhitung termasuk kepada aspek perkembangan kognitif. Untuk itu penekanan utama dalam membentuk kemampuan berhitung, lebih diorientasikan kepada keterampilan kognitif seperti melakukan pembelajaran seriasi dan klasifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi dan wawancara. Observasi dilakukan kepada anak berupa unjuk kerja lalu diolah dan dihitung secara statistik. Sedangkan wawancara dilakukan kepada pihak sekolah yaitu guru dan kepala sekolah sebagai bagian dari informasi mengenai sekolah tersebut. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Realitas Pembelajaran Seriasi dan Klasifikasi pada kelompok B1 RA Al-Ghazali termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 3,33. (b). Realitas Kemampuan Berhitung pada kelompok B1 RA Al-ghazali termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 2,75 (c) Realitas hubungan Pembelajaran Seriasi dan Klasifikasi Anak Usia Dini terhadap Kemampuan Berhitung menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan karena memiliki nilai koefisien korelasi yang sangat rendah yaitu sebesar 0,14. Maka pengaruh Pembelajaran Seriasi dan Klasifikasi terhadap Kemampuan Berhitung yaitu sebesar 0,98% dan 99,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seriasi; Klasifikasi Anak Usia Dini; Kemampuan Berhitung
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Winda Suci Anggraeni
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:50
Last Modified: 06 Nov 2020 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34667

Actions (login required)

View Item View Item