Rubrik Carpon Tribun Jabar dalam pandangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa Sastra Sunda 2010-2012 Fakultas Ilmu Budaya Unpad

Yuliani, Ani (2013) Rubrik Carpon Tribun Jabar dalam pandangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa Sastra Sunda 2010-2012 Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Surat kabar merupakan salah satu produk jurnalistik yang isinya dibagi kedalam tiga kelompok besar yaitu berita (news) opini (views), dan iklan (advetising). Dari tiga kelompok tersebut, hanya berita (news) dan opini (views) yang termasuk kedalam produk jurnalistik. Produk jurnalistik opini (views) terdiri dari tajuk rencana, karikatural, pojok, artikel, kolom, surat pembaca dan cerpen. Surat kabar Tribun Jabar menyediakan rubrik cerpen untuk para pembacanya. Cerpen bergaya bahasa Sunda yang disebut carpon. Adanya rubrik carpon ini diharapkan dapat memasyarakatkan kembali bahasa Sunda yang mulai ditinggalkan. Ini adalah salah satu cara media untuk mengangkat kembali bahasa Sunda di kalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa (Sastra Sunda UNPAD 2010-2012) terhadap rubrik carpon yang berada di surat kabar Tribun Jabar. Penilaian seperti apa yang mereka berikan, Dan bagaimana perhatian, pengertian, penerimaan mereka terhadap rubrik tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap beberapa mahasiswa sastra UNPAD yang memenuhi kriteria, dan manajer prodiksi Tribun Jabar sebagai data tambahan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Ada tiga pandangan mahasiswa mengenai rubrik carpon di harian umum Tribun Jabar. Yaitu berpandangan positif, berpandangan negatif dan berpandangan netral. Dari ketiga pandangan tersebut, informan paling banyak berada di pandangan netral. Ini terbukti dari enam informan dua informan berpandangan positif, satu informan berpandangan negatif dan tiga informan berpandangan netral. Sedangkan untuk perhatian dan pengertian semua informan memperhatikan dan mengerti rubrik tersebut. Tetapi untuk penerimaan, dari enam informan hanya lima informan yang menerima dan dua informan yang menyukai rubrik carpon di Tribun Jabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tribun Jabar; mahasiswa; carpon; cerita pendek;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 08:22
Last Modified: 01 Jul 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item