Kontribusi elektronik warung gotong royong kelompok usaha bersama program keluarga harapan (e-Warong KUBE PKH) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: Penelitian tentang e-Warong Kiara Jaya dalam mengembangkan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kel. Kebon Jayanti Kec. Kiaracondong Kota Bandung

Ayu Pratiwi, Bella Aprillia (2020) Kontribusi elektronik warung gotong royong kelompok usaha bersama program keluarga harapan (e-Warong KUBE PKH) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: Penelitian tentang e-Warong Kiara Jaya dalam mengembangkan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kel. Kebon Jayanti Kec. Kiaracondong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi memang menjadi kendala bagi kalangan menengah ke bawah. Meski adanya bantuan dari pemerintah, akan tetapi tidak bisa menaikkan kelasnya. Maka dari itu e-Warong hadir dalam memberdayakan masyarakat perihal meningkatkan ekonomi. e-Warong adalah elektronik warung gotong royong biro bank, pedagang dan pihak lain yang telah bekerjasama dengan Bank Penyuplai (keagenan BNI). Program ini disediakan langsung oleh Kemensos RI dibawah PKH dengan berbasis KUBE. Dengan adanya ini masyarakat tidak perlu kembali bergantung kepada bantuan sosial pemerintah dan secara langsung meningkatkan kemandirian dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini ialah melihat progress dari berjalannya e-Warong sejak tahun 2017. Dan mengetahui kontribusi e-Warong yang bisa membawa masyarakat menengah ke bawah yang tergolong KPM menjadi mandiri dalam meningkatkan ekonominya. Selain itu, mengetahui pencapaian keberhasilan program tersebut. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons tentang konsep AGIL. Konsep AGIL yang meliputi Adaptasi, Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Latensi. Dengan konsep ini menekankan sebuah keteraturan sosial yang seimbang dan menyatu. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan dokumen pribadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-Warong KUBE PKH ini sangat berkontribusi baik dalam mengembangkan ekonomi Keluarga Penerima Manfaat (KPM)di Kelurahan Kebon Jayanti melalui berbagai kegiatan pengelolaan e-Warong yang menjadikan e-Warong tempat berbagai kebutuhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan penerimaan bantuan sosial sampai mengembangkan keterampilan membuat usaha bersama untuk menghasilkan produk tertentu yang dapat dipasarkan. Dengan kemajuan e-Warong ini menjadikan yang terbaik se-Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-waroeng; kube; pkh; ekonomi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Change
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Bella Aprillia Ayu Pratiwi
Date Deposited: 09 Nov 2020 00:27
Last Modified: 09 Nov 2020 00:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item