Hasil belajar PAI hubungannya dengan sikap spiritual dan pengamalan ibadah harian siswa: Penelitian siswa kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang

Murtado, Ali (2020) Hasil belajar PAI hubungannya dengan sikap spiritual dan pengamalan ibadah harian siswa: Penelitian siswa kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, ditemukan bahwa hasil evaluasi belajar PAI tidak menggambarkan perilaku dan sikap siswa, dengan kata lain adanya kesenjangan antara nilai yang terdapat di dalam rapor dengan perilaku kesehariannya, antara lain ditemukannya siswa yang tidak bayar ketika jajan di warung, terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan PR, tidak mengikuti kegiatan ibadah yang dilaksanakan di sekolah seperti salat duha dan salat berjamaah duhur, dan juga ada yang mengikuti tetapi terlambat. Sedangkan jika dilihat dari nilai hasil belajar di rapornya siswa tersebut memperoleh hasil belajar yang bagus. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan hubungan hasil belajar PAI dengan sikap spiritual siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang; 2) mendeskripsikan hubungan hasil belajar PAI dengan pengamalan ibadah harian siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang; 3) mendeskripsikan hubungan sikap spiritual dengan pengamalan ibadah harian siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang. Berakar dari sebuah asumsi bahwa sikap dan perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu itu. Hipotesis yang diajukan adalah 1) ada hubungan antara hasil belajar PAI dengan sikap spiritual siswa; 2) ada hubungan antara hasil belajar PAI dengan pengamalan ibadah harian siswa; dan 3) ada hubungan antara sikap spiritual dengan pengamalan ibadah harian siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan statistik deskriptif, dan untuk mengetahui hubungan tiap variabel digunakan teknik korelasi bivariat, yaitu dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) ada hubungan antara hasil belajar PAI dengan sikap spiritual siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang dengan korelasi sebesar 0,185 dan kriteria tingkat keeratan hubungan sangat rendah; 2) ada hubungan antara hasil belajar PAI dengan pengamalan ibadah harian siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang dengan korelasi sebesar 0,071 dan kriteria tingkat keeratan hubungan sangat rendah; dan 3) ada hubungan antara sikap spiritual dengan pengamalan ibadah harian siswa di kelas IV, V dan VI MI Raudlatul Islamiyah Subang dengan korelasi sebesar 0,718 dan kriteria tingkat keeratan hubungan kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PAI; Sikap Spiritual; Pengamalan Ibadah Harian
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ali Murtado
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:10
Last Modified: 10 Nov 2020 01:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34815

Actions (login required)

View Item View Item