Mediasi penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan nomor 109 (PSAK 109) terhadap hubungan antara kompetensi sumber daya manusia dengan kualitas laporan keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota/Kabupaten Wilayah Provinsi Jawa Barat

fauziah, friska kharunia (2020) Mediasi penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan nomor 109 (PSAK 109) terhadap hubungan antara kompetensi sumber daya manusia dengan kualitas laporan keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota/Kabupaten Wilayah Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa dalam setiap tahun Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) selalu meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini menunjukan bahwa laporan keuangan BAZNAS berkualitas. Namun untuk tingkat Kota/Kabupaten Wilayah Provinsi Jawa Barat masih ada beberapa yang belum mendapatkan predikat WTP pada laporan keuangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan, 2) pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap penerapan PSAK 109, 3) pengaruh penerapan PSAK 109 terhadap kualitas laporan keuangan, 4) pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan melalui penerapan PSAK 109. Kualitas laporan keuangan merupakan suatu wujud transparasi dan akuntabilitas perusahaan atau lembaga dalam tata kelola keuangan yang memenuhi karakteristik dapat dipahami, relevan, andal dan dapat dibandingkan. Kompetensi sumber daya manusia adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan karakteristik kepribadian yang mempengaruhi secara langsung terhadap kinerjanya guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penerapan PSAK 109 yaitu pernyataan yang bertujuan untuk mengatur pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi zakat dan infak/ sedekah. Metode penelitian yang digunakan adalah survey explanatory. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden dengan menggunakan metode snowball sampling. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Jalur (Path Analysis) dan Analisis Hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan koefisien sebesar 47,9%, 2) kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh siginifikan terhadap penerapan PSAK 109 koefisien sebesar 12,6%, 3) penerapan PSAK 109 tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan koefisien sebesar 8%, 4) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan melalui penerapan PSAK 109. Hanya saja penerapan PSAK 109 tidak dapat menjadi variabel mediasi karena tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia; Penarapan PSAK 109; Kualitas Laporan Keuangan;
Subjects: Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Friska Kharunia Fauziah
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:16
Last Modified: 12 Nov 2020 06:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item View Item