Fenomena ngopi sebagai gaya hidup di kalangan generasi millenial: Perubahan perilaku dan perubahan sosial masyarakat di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Fauzi, Aji Ridwan (2019) Fenomena ngopi sebagai gaya hidup di kalangan generasi millenial: Perubahan perilaku dan perubahan sosial masyarakat di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan yang paling menonjol saat ini terjadi adalah munculnya kedai dan caffe yang berdampak pada gaya hidup generasi Millenial. Berdasarkan hasil wawancara owner di salah satu kedai kopi di Pangalengan, mengenai Ngopi sebagai gaya hidupnya generasi Millenial Pangalengan awalnya hanya mengikuti tren yang ada, dan benar adanya, daerah Pangalengan adalah salah satu penghasil kopi arabika terbesar di Jawa Barat. Dipilihnya Fenomena Ngopi Sebagai Gaya Hidup Generasi Millenial (Perubahan Perilaku dan Perubahan Sosial di Kecamatan Pangalengan) bertujuan untuk mengetahui bagaimana ngopi dapat menjadi gaya hidup generasi Millenial, merubah gaya hidup masyarakat, serta upaya masyarakat menjadikan Ngopi sebagai gaya hidup di Pangalengan. Penelitian ini menggunakan teori perilaku sosial menurut teori aksi Parsons, Perilaku adalah hasil suatu keputusan subyektif dari pelaku atau aktor.teori ini berkaitan dengan perubahan perilaku dan gaya hidup generasi Milenial. Teori perubahan sosial yang dirumuskan oleh Selo Soemardjan digunakan sebagai landasan untuk mengetahui perubahan sosial Masyarakat Pangalengan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Tipe penelitiannya yaitu metode deskriptif. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan fenomena Ngopi terhadap gaya hidup generasi Millenial Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Kajian pustaka/dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ngopi menjadi gaya hidup generasi Millenial Pangalengan, kebanyakan yang menjadikan Ngopi sebagai gaya hidup hanya sebagian kalangan saja. Selain itu Perilaku yang khas dari generasi Millenial yang suka Ngopi terlihat dari fashion dan selera musik. Hal ini membuat budaya dari luar mudah diterapkan di dalam masyarakat terutama generasi Millenial. Ngopi merubah gaya hidup masyarakat Pangalengan memiliki kebiasaan Ngopi masyarakat yang dulunya mengkonsumsi kopi sachet, sekarang mulai berpindah jadi mengkonsumsi kopi asli tanpa campuran gula. Upaya masyarakat menjadikan Ngopi sebagai gaya hidup mengarahkan ke salah satu komunitas di Pangalengan yang bergerak di bidang kopi yaitu komunitas Ambeu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kopi; komunitas kopi; gaya hidup; generasi; generasi millenial; Pangalengan;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Control
Gastronomy > Coffe
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aji Ridwan Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:58
Last Modified: 16 Nov 2020 06:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34963

Actions (login required)

View Item View Item