Transformasi dan efektivitas pelaksanaan sertifikasi produk halal menurut undang-undang no. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal oleh BPJPH ditinjau dari siyasah dusturiyah

Waliyaturohman, Lia (2020) Transformasi dan efektivitas pelaksanaan sertifikasi produk halal menurut undang-undang no. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal oleh BPJPH ditinjau dari siyasah dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengamanatkan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk menyelenggarakan Jaminan Produk Halal di Indonesia. Dalam realitanya BPJPH yang terbentuk pada oktober 2017 sampai dengan awal tahun 2020 belum melakukan tugasnya yang paling utama yaitu menerbitkan sertifikat halal atau sertifikasi produk halal sebagai bentuk jaminan produk halal. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi sertifikasi produk halal sebelum dan sesudah diundangkannya UU JPH, untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan sertifikasi produk halal menurut UU JPH yang dilakukan oleh BPJPH, serta bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan sertifikasi produk halal. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah efektivitas hukum, siyasah dusturiyah dengan fokus utama kepada konsep wuzarah, yang selanjutnya didukung dengan teori hak rakyat, dan prinsip penerapan hukum dalam Islam Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan utamanya yaitu yuridis normatif karena undang-undang diposisikan sebagai primary reseacrh sources, sedangkan pendekatan yuridis empiris sebagai pendukung karena fakta yang ada yang merupakan data primer diposisikan sebagai secondary research sources. Kemudian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa perubahan dalam transformasi sertifikasi produk halal antara sebelum dan sesudah diundangkannya UU JPH dilihat dari aspek penyelenggara, auditor, kewajiban hukum, masa berlaku sertifikat, dan kepastian hukumnya. Efektivitas pelaksanaan sertifikasi produk halal menurut UU JPH yang dilakukan oleh BPJPH masih belum efektiv jika dilihat dari aspek sarananya, hal itu disebabkan dari minimnya LPH yang ada. Sedangkan dalam tinjauan siyasah dusturiyah pelaksanaan sertifikasi produk halal menurut UU JPH oleh BPJPH ini sudah sesuai dengan konsep wuzarah, dan memenuhi hak-rakyat dan sesuai dengan prinsip penerapan hukum dalam Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi halal; transformasi; efektivitas; siyasah dusturiyah; wizarah; bpjph
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Law
Law > Organization and Management of Law
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Lia Waliyaturohman
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:10
Last Modified: 23 Nov 2020 01:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item View Item