Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap realisasi anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung

Ramdani, Suhari (2020) Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap realisasi anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy

Abstract

Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kota Bandung. PIPPK dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Bandung yang difokuskan pada empat Lembaga Kewilayahan Kelurahan dengan tujuan meningkatkan peran aktif dari masyarakat secara langsung. Untuk menentukan fokus wilayah yang akan diteliti pada penelitian ini penulis melihat dari tingkat persentase realisasi anggaran PIPPK dan tingkat kepadatan penduduk dari kecamatan tersebut sehingga didapat Kecamatan Bojongloa Kidul dengan persentase realisasi anggaran yang cukup tinggi dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari partisipasi masyarakat terhadap realisasi anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di wilayah Kecamatan Bojongloa Kidul dimana dimensi partisipasi yang diteliti yaitu mulai dari perencanaan program, pelaksanaan program, pemanfaatan program dan evaluasi dari program yang telah dilaksanakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori partisipasi masyarakat dari Cohen & Uphoff (1980) yang membahas menganai partisipasi masyarakat dalam perencanaan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan, partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan, dan partisipasi masyarakat dalam evaluasi dan teori realisasi anggaran dari Indra Bastian yang membahas mengenai realisasi anggaran yang optimal (2010). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang artinya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan secara jelas antara Partisipasi Masyarakat dan Realisasi Anggaran PIPPK di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung dengan data dan analisis yang banyak menggunakan angka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei melalui kuesioner dengan responden sebanyak 398 orang yang merupakan penduduk asli dari Kecamatan Bojongloa Kidul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh Partisipasi Masyarakat (perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan evaluasi) terhadap realisasi anggaran PIPPK di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung sebesar 0,856 (85,6%) dan masuk dalam kriteria pengaruh yang sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat tinggi dari Partisipasi Masyarakat terhadap realisasi anggaran PIPPK di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Hal ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat memiliki peran penting dalam keberhasilan PIPPK di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Realisasi Anggaran; PIPPK
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Suhari Suhari Ramdani
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:01
Last Modified: 23 Nov 2020 02:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35148

Actions (login required)

View Item View Item