Pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru hubungannya dengan akhlak di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs Al-Manshuriyah Kec. Pagelaran Kab. Cianjur

Abdilah, Yusrin Taupik (2020) Pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru hubungannya dengan akhlak di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs Al-Manshuriyah Kec. Pagelaran Kab. Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di MTs Al-Manshuriyah Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur melalui wawancara dengan guru akidah akhlak kelas VIII, diperoleh informasi bahwa di sekolah tersebut terdapat mata pelajaran akidah akhlak dan salah satu materi yang dipelajari adalah materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru. Tujuan pembelajaran mampu menjelaskan pengertian adab kepada orang tua dan guru, mengidentifikasi dalil tentang adab kepada orang tua dan guru, menjelaskan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru, dan menunjukkan perilaku terbiasa menerapkan adab yang baik kepada orang tua dan guru. Guru akidah akhlak merasa bertanggung jawab bagaimana mengajarkan siswa tentang berakhlak baik di tengah maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat sekolah menjunjung tinggi nilai-nilai moral terkait akhlak seorang siswa dengan guru, tenaga kependidikan, teman sekolah, lingkungan, dan seluruh warga sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru; 2) Akhlak siswa di sekolah; dan 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru dengan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa pemahaman yang mendalam terhadap arti penting materi pelajaran agama yang disajikan guru serta preferensi kognitif akan meningkatkan kecakapan ranah afektif para peserta didik. Ranah afektif disini merupakan akhlak siswa yang diimplementasikan dalam kehidupan mereka di lingkungan sekolah. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelasional. Responden terdiri dari 53 orang siswa kelas VIII MTs Al-Manshuriyah. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan analisis data penelitian menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman siswa kelas VIII di MTs Al-Manshuriyah terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru memiliki nilai rata-rata sebesar 61,9. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69, artinya pemahaman siswa berkategori cukup; 2) Akhlak siswa kelas VIII di MTs Al-Manshuriyah memiliki nilai rata-rata sebesar 3,77. Angka tersebut termasuk pada kategori baik karena berada pada interval 3,50 – 4,50. 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru dengan akhlak siswa di sekolah berkategori sangat rendah karena koefisien korelasi 0,20. Derajat pengaruh variabel X (pemahaman siswa terhadap materi adab terhadap orang tua dan guru) terhadap variabel Y (akhlak siswa di sekolah) adalah sebesar 2%. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa masih terdapat faktor lain sebesar 98% yang dapat mempengaruhi akhlak siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adab; akhlak siswa; Madrasah Tsanawiyah;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusrin Taupik Abdilah
Date Deposited: 24 Nov 2020 00:55
Last Modified: 24 Nov 2020 00:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35185

Actions (login required)

View Item View Item