Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Bandung)

Mega Fitria Pratama, Mega (1209209039) (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan mengenai proses pembelajaran Matematika di MI At-Taqwa Rancaekek Bandung yang didominasi oleh guru. Siswa hanya diam, dan mencatat materi dari guru. Proses pembelajaran seperti itu membuat siswa bosan, dan kesulitan mempelajari Matematika. Akibatnya berdampak pada pemahaman siswa yang masih rendah. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata hasil ulangan harian siswa sebesar 63.69 kurang dari KKM yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran proses pembelajaran Matematika melalui metode Snowball Drilling pada siswa kelas V MI At-Taqwa Rancaekek; (2) Peningkatan kemampuan pemahaman Matematika siswa kelas V MI At-Taqwa Rancaekek setelah menggunakan metode Snowball Drilling pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar; (3) Sikap siswa kelas V MI At-Taqwa Rancaekek selama pembelajaran Matematika melalui metode Snowball Drilling. Penelitian ini bertolak pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa metode Snowball Drilling dapat memberikan pemahaman matematika siswa secara mendalam, karena metode ini menuntut kreatifitas berfikir siswa, sehingga dapat meningkatkan daya serap siswa dalam mempelajari Matematika. Dari asumsi teori tersebut dirumuskan hipotesis (Ha) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman Matematika secara signifikan setelah menggunakan metode Snowball Drilling pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar, dan (H0) Tidak terdapat peningkatan kemampuan pemahaman Matematika secara signifikan setelah menggunakan metode Snowball Drilling pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Postest Design, teknik pengumpulan data yang dipilih adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes uraian (pretest dan postest), serta lembar skala sikap. Siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Bandung yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi aktivitas guru mengalami peningkatan, pada pertemuan pertama diperoleh nilai keterlaksanaan 90%, sedangkan pada pertemuan kedua dan ketiga mencapai 100%, Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya, yakni rata-rata pertemuan pertama 42.04%, pertemuan kedua 54.77% dan pertemuan ketiga 64.77%. Adapun kemampuan pemahaman matematika siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah digunakan metode Snowball Drilling. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (16.41) lebih besar dari nilai ttabel (2.080). Peningkatan tersebut diperkuat dengan perolehan nilai N-Gain dengan kriteria sedang (0.68). Hasil analisis data skala sikap, dapat disimpulkan bahwa siswa mempunyai sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Snowball Drilling. Hal tersebut dapat ditunjukkan oleh skor sikap siswa (2.08) yang lebih besar dari skor netral (1.43).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: snowball drilling, siswa, matematika, sifat bangun datar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2016 01:13
Last Modified: 16 Mar 2016 00:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item