Hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III MIN 1 Kota Bandung: Penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Yulianingsih, Titin (2013) Hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III MIN 1 Kota Bandung: Penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi, bahwa secara teoretik kebiasaan membaca yang baik akan memberikan pemahaman yang tinggi kepada siswa. Namun, secara nyata kebiasaan membaca mereka rendah. Hal ini terlihat dari sebagian siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan suasana kegiatan pembelajaranyang tidak menyenangkan sehingga membuat siswa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Dari fenomena di atas penulis merasa tertarik untuk meneliti kesenjangan tersebut. Dari fenomena tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Kebiasaan membaca siswa kelas III MIN 1 Kota Bandung (X); 2) Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III MIN1 Kota Bandung (Y); 3) Hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan memmbaca pemahaman siswa kelas III MIN 1 Kota Bandung. Permasalahan di atas diangkat berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa jika siswa terbiasa membaca maka kemampuan membaca pemahaman akan semakin tinggi. Demikian pula sebaliknya jika siswa tidak terbiasa membaca maka kemampuan membaca pemahaman akan semakin rendah. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah kebiasaan membaca siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode desktiptip analisis dan untuk pengumpulan datanya melalui angket, tes, wawancara dan observasi. Penyebaran tes dan angket ditujukan kepada 60 orang siswa, yaitu siswa kelas III MIN 1 Kota Bandung. Adapun analisis korelasi kedua variabel penelitian ini menggunakan teknik korelasi rank Spearman. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa realitas kebiasaan membaca siswa termasuk kategori cukup dengan rata-rata 2,98 berada pada interval 2,60 – 3,39. Sedangkan kemampuan membaca pemahaman siswa menunjukan kategori kurang dengan rata-rata 56,6 berada pada interval 50 – 59. Hal tersebut ditujukan melalui model persamaan regresi Y= 37,42 + 0,19x dengan koefisien korelasi 0,51 yang termsuk kategori sedang karena nilai tersebut berada pada rentang 0,40 -0,69. Adapun konstribusi kebiasaan membaca siswa dengan kemampuan membaca pemahaman adalah 56% berartiada 44% factor lain yang dapat mempengaruhi. Adapun hasil uji hipotesis diperoleh thitung 5,24 dan ttabel 1,68 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara Variabel X dan variabel Yditerima, dan hipotesis nol (Ho) yang menyatakabn tidak ada hubungan antara variabel X dan variabel Y ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan; membaca; membaca pemahaman; siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2016 01:20
Last Modified: 08 Jul 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item