Model Arimax dan Sarimax untuk Meramalkan Data Curah Hujan

Lina Rahmayani, Lina (208700540) (2013) Model Arimax dan Sarimax untuk Meramalkan Data Curah Hujan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Analisis runtun waktu merupakan suatu metode analisis data yang ditujukan untuk melakukan estimasi maupun peramalan pada masa yang akan datang. Beberapa model yang cukup populer untuk melakukan analisis terhadap data runtun waktu yaitu model autoregresif (AR), moving average (MA), gabungan AR dan MA (ARMA), dan ARIMAX atau ARIMA dengan tambahan variabel eXogen. Pola cuaca di Indonesia cenderung membentuk pola musiman, termasuk curah hujannya juga membentuk pola musiman oleh karena itu perlu diramalkan melalui model musiman [11]. Dengan menambahkan unsur musiman pada model ARIMAX maka model tersebut disebut Seasonal ARIMAX atau SARIMAX. Model ARIMAX dan SARIMAX ini merupakan suatu model yang sangat memperhatikan varibael independent sehingga model SARIMAX ini dirasa cukup untuk mengatasi masalah musiman pada curah hujan di Indonesia. Model ARIMAX dan SARIMAX digunakan untuk analisis pembentukan model curah hujan harian kemudian hasil dari keduanya dibandingkan dengan melihat nilai AIC terkecil. Model yang memiliki nilai AIC terkecil digunakan untuk meramalkan data curah hujan untuk 30 periode ke depan. Data yang digunakan adalah data curah hujan harian di wilayah Cemara kelurahan Pasteur Kecamatan Pasirkaliki Bandung yang bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Bandung yang beralamat di Jl. Cemara No. 66 Bandung. Dari hasil analisis diketahui bahwa model SARIMAX lebih cocok digunakan untuk model curah hujan dibanding dengan model ARIMAX dengan perolehan nilai AIC terkecil sebesar 1250.86.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Data Runtun Waktu, Peramalan, Curah Hujan, ARIMAX, SARIMAX, dan AIC (Akaike Information Criteria)
Subjects: Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geology > Precipitation, Rain, Rainfall
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2016 02:34
Last Modified: 29 Feb 2016 11:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item