Pengaruh minat siswa menonton tayangan TV bernuansa religi terhadap pembentukan karakter pada siswa : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung

Andini, Monica (2020) Pengaruh minat siswa menonton tayangan TV bernuansa religi terhadap pembentukan karakter pada siswa : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya dijumpai karakter siswa yang mencerminkan perilaku yang masih bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional. Hal ini terbukti masih terdapat siswa yang lalai dalam perintah agama,tidak disiplin, melalaikan tugas, melanggar peraturan sekolah dan penggunaan bahasa serta kata-kata yang kurang baik. Fenomena lain yang sering terjadi yakni masalah penyimpangan perilaku sosial pada diri anak bangsa seperti sering terjadi perilaku anarkis, tawuran antar siswa, penggunaan narkotika, bullying, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realita minat siswa menonton tayangan televisi bernuansa religi, untuk mengetahui realita pembentukan karakter pada siswa, pengaruh antara minat siswa menonton tayangan televisi bernuansa religi terhadap pembentukan karakter siswa. Para ahli mengatakan bahwa 75% pengetahuan manusia sampai ke otaknya melalui mata dan selebihnya dari indra pendengaran dan indra lainnya. Dengan demikian dapat kita ketahui bersama bahwa rangsangan yang ditimbulkan oleh media televisi melalui program-programnya lebih tinggi dibandingkan media cetak,karena pada televisi gambar-gambarnya bersifat moving sedangkan pada media cetak bersifat statis. Berdasarkan penjelasan tersebut timbul suatu pemikiran bahwa tayangan televisi bernuansa religi dapat memberikan peluang untuk terjadinya peniruan perilaku. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode berupa observasi, kuesioner (angket) dan wawancara. Jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa. Berdasarkan penyeberan angket kepada responden didapatkan hasil sebesar 3,33. Artinya angket variabel X yakni tentang minat siswa menonton tayangan televisi bernuansa religi berkategori tinggi karena berada pada interval 3,00 – 4,00. Sedangkan realita pembentukan karakter siswa didapatkan hasil sebesar 4,39. Artinya angket variabel Y tentang pembentukan karakter siswa berkategori sangat tinggi karena berada pada interval 4,00 – 5,00. KaFdar pengaruhnya diperoleh hasil sebesar 48%. Artinya pengaruh atau kontribusi minat siswa menonton tayangan religi terhadap pembentukan karakter sebesar 48% dan sisanya 52% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: minat;menonton;tayangan;religi;karakter;siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Monica Andini
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:29
Last Modified: 10 Dec 2020 06:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35626

Actions (login required)

View Item View Item